nusabali

Dinas PUPR Bangli Kebut Perbaikan Irigasi

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-bangli-kebut-perbaikan-irigasi

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli mengalokasikan anggaran Rp 1,4 miliar untuk rehabilitasi jaringan irigasi di tahun 2021.

Rehabilitasi irigasi menyasar tiga kecamatan. Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Bangli, Agus Yudi Suetha Ambara mengatakan pada APBD Perubahan dialokasikan dana perbaikan jaringan di sejumlah daerah irigasi (DI).

Agus Yudi mengungkapkan, rehabilitasi jaringan irigasi di Kecamatan Susut menyasar DI Manuk, DI Alis Bintang, dan DI Uma Selat. Rehabilitasi di Kecamatan Tembuku menyasar DI Bangbang, DI Let, DI Tampuagan I, dan DI Tingkad Batu. Sementara di Kecamatan Bangli rehabilitasi menyasar DI Empelan dan DI Sidembunut Kiri Uma Leti. “Kegiatan dalam waktu dekat bisa dikerjakan. Anggaran Rp 1,4 miliar memanfaatkan dana silpa DAK,” jelas Agus Yudi, Rabu (15/9).  

Perbaikan jaringan irigasi diusulkan lewat dana DAK tahun 2022. Namun Bangli tidak masuk sebagai kawasan lokasi prioritas (Lokpri) oleh pusat, maka tahun 2022 Bangli tidak dapat dana DAK. Sehingga kegiatan diambil tahun ini untuk besaran di bawah Rp 200 juta per item kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan penunjukan langsung (PL). Menurut Agus Yudi, panjang saluran irigasi 143 kilometer, sekitar 62 persen kondisinya rusak. Sebagian besar jaringan tidak permanen karena dinding dan lantai dari tanah. Sementara itu, terowongan DI Bangkiangsidem, Dusun Pulasari, jebol sekitar minggu lalu. Panjang terowongan yang jebol sekitar 50 meter. *esa

Komentar