nusabali

Jelang Piodalan Padudusan Agung Pura Dalem Desa Tulikup, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bagikan Masker

  • www.nusabali.com-jelang-piodalan-padudusan-agung-pura-dalem-desa-tulikup-bhabinkamtibmas-dan-babinsa-bagikan-masker

GIANYAR, NusaBali.com –  Guna mendukung pelaksanaan Piodalan Padudusan Agung di Pura Dalem Desa Adat Tulikup pada November mendatang, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Tulikup menyerahkan masker pada panitia piodalan, Minggu (5/9/2021).

Masker ini dinilai sebagai pendukung protokol kesehatan, mengingat saat ini rangkaian piodalan sudah berlangsung dan tiap hari rata-rata ada lebih dari 15 pengayah yang hadir di pura berlokasi di Kecamatan/Kabupaten Gianyar untuk beraktivitas melengkapi sarana dan prasarana yadnya atau upacara yang akan dipergunakan dalam piodalan mendatang.

Krama saat ini sudah disibukkan aktivitas seperti membuat taring (anyaman menggunakan daun kelapa) yang dimodifikasi menyerupai atap, lalu sarana banten, sesajen serta  pembersihan palinggih dan lain-lainnya.

“Kegiatan sosial ini dilakukan sebagai salah satu upaya dari pencegahan penyebaran Covid-19. Mengingat persiapan upacara piodalan tersebut dihadiri masyarakat  pengayah lebih dari 15 orang setiap harinya,” kata Bhabinkamtibmas Desa Tulikup Aipda I Nyoman Artana.

Kesempatan dalam penyerahan 250 pcs masker kain ini juga digunakan untuk mengingatkan soal protokol kesehatan. “Edukasi kepada para pengayah dilakukan agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap prosesi kegiatan ngayah. Seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan memperhatikan jarak masing-masing pengayah agar tidak menimbulkan kerumunan,” tambah Babinsa Desa Tulikup Serda I Wayan Suardika.

Sementara itu Kapolsek Gianyar Kompol I Gusti Ngurah Yudistira mengatakan bahwa kegiatan sosial tersebut juga merupakan wujud kepedulian petugas kepada para pengayah yang ada di Pura Dalem Desa Tulikup. “Selain itu juga guna mewujudkan rasa aman dan nyaman, bagi masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Desa Tulikup mengingat masih dalam masa pandemi,” ujarnya.

Kompol I Gusti Ngurah Yudistira pun berharap agar kegiatan sosial yang telah dilakukan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, dengan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Dalam memutus mata rantai pandemi Covid-19 ini, kunci utamanya yakni agar seluruh lapisan masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan," pesan Kapolsek Gianyar. *rma

Komentar