nusabali

TNI AL Akomodasi Embarkasi Penurunan Alat Desalinasi Air di Nusa Lembongan

  • www.nusabali.com-tni-al-akomodasi-embarkasi-penurunan-alat-desalinasi-air-di-nusa-lembongan

SEMARAPURA, NusaBali.com - TNI AL Lanal Denpasar mengakomodasi dan membantu dalam mekanisme embarkasi penurunan alat desalinasi air bertempat di landing zone heli MHR-60 Pulau Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

"Kegiatan ini adalah sebagai bagian dari Latihan Bantuan Kemanusiaan dan Bantuan Bencana yang terkait dengan Indo-Pacific Endeavour (IPE21), dan HMAS Canberra yang membawa mesin desalinasi ini dan mengirimkannya ke Pulau Nusa Lembongan menggunakan aset udara dari kapal Angkatan Laut Australia," kata Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana dalam siaran persnya, Minggu (29/8/2021).
 
Ia mengatakan kegiatan ini diinisiasi dan dipimpin oleh LSM Surfrider Foundation Australia dengan dana dan dukungan dari Pemerintah Australia.
 
Adapun bantuan yang diterima berupa bantuan alat Desalinasi (alat Reverse Osmosis) pengubah air laut menjadi air tawar atau mesin desalinasi dari perusahaan teknologi air Australia, Moerk Water, untuk ditempatkan di sekolah tersebut.
 
Ia mengatakan Moerk Water mengkhususkan diri dalam sistem pengolahan air bertenaga surya berkualitas tinggi dan andal untuk masyarakat pedesaan terpencil.
 
"Mereka juga akan melatih anggota masyarakat setempat tentang cara menggunakan mesin desalinasi. Setelah dipasang, mesin ini akan menghasilkan 150 liter air minum bersih per jam, yang akan bisa digunakan untuk 500 orang setiap hari," tuturnya.
 
Ia mengatakan dari keterangan Atase Pertahanan Laut Australia, bahwa kegiatan ini sempat tertunda karena adanya Covid-19 dan sempat menunda pengiriman mesin ini dari Australia Barat.
 
Namun, peluang ada melalui kerja sama yang kuat dan sinergi antara Indonesia dan Australia dalam bidang pertahanan dan kesiapsiagaan bencana.
 
"Sinergitas antara TNI AL dan Royal Australian Navy (RAN) yang didukung oleh Pemerintah Indonesia serta Pemerintah Australia, PT. Surfrider Foundantion Australia dapat dijadikan contoh dalam melaksanakan kegiatan yang sifatnya sosial," tutur Danlanal.
 
Proses penurunan bantuan ini menggunakan pesawat heli yang digunakan untuk mengangkut alat dari Kapal HMAS Canberra jenis MHR-60.
 
Kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra yang lego jangkar di luar teritorial Indonesia dengan jarak kurang lebih 50 NM dari garis pantai Pulau Bali, menyerahkan mesin desalinasi tenaga surya pertama di Nusa Lembongan ke Yayasan Pendidikan Wisata Darma Bali (SMA Wisata Darma) Lembongan. *ant

Komentar