nusabali

Kapal Roro Uji Coba Sandar di Pelabuhan Bias Munjul

  • www.nusabali.com-kapal-roro-uji-coba-sandar-di-pelabuhan-bias-munjul

Kapal rawan karam di atas pukul 12.00 Wita karena air laut surut.

SEMARAPURA, NusaBali
Kapal Roro (roll on-roll off) Nusa Jaya Abadi uji sandar perdana di Pelabuhan Bias Munjul di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (30/8) siang. Dalam uji coba ini masih ada sejumlah kendala, seperti pelebaran kedalaman laut agar kapal bisa leluasa putar haluan. Uji coba dihadiri petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTB), Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Satker, dan lainnya.


Kadis Perhubungan Klungkung, I Gusti Gede Gunarta, mengatakan uji sandar Kapal Roro sudah berhasil dilakukan di Pelabuhan Bias Munjul, Nusa Penida. Namun uji coba ini menemukan sejumlah kendala. Di antaranya perlu pelebaran kedalaman laut agar kapal bisa leluasa putar haluan di kawasan sandar. Saat ini Kapal Roro hanya cukup untuk maju dan mundur saja. "Jadi harus dikeruk lagi kedalamannya," ujar Gusti Gunarta, Kamis (31/8).

Selain itu, pasang surut air laut juga menjadi kendala karena di atas pukul 12.00 Wita air laut mulai surut sehingga kapal rawan karam di atas waktu tersebut. Gusti Gunarta berharap kendala yang ditemui bisa segera ditangani oleh Kementerian Perhubungan yang membidangi pelabuhan.


Seperti diketahui Pelabuhan Bias Munjul dibangun dengan anggaran Rp 97 miliar dari APBN Kementerian Perhubungan. Sebagai penunjang aktivitas penyeberangan masyarakat Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, percepatan perekonomian, dan angkutan wisata.

Peletakan batu pertama di lokasi Pelabuhan Bias Munjul, Dusun Ceningan pada Purnama Kapitu, Anggara Wage Ugu, Selasa (29/12/2021) pagi. Selanjutnya Pelabuhan Bias Munjul yang masuk dalam Pelabuhan Segitiga Emas yakni Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Buda Wage Ukir, Rabu (9/11/2022). 7 wan

Komentar