nusabali

Navigasi Kapal Roro Bermasalah

  • www.nusabali.com-navigasi-kapal-roro-bermasalah

Dampak perbaikan bisa menyebabkan antrean penyebrangan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Padangbai, dan sebaliknya.

SEMARAPURA, NusaBali
Kapal Roro (roll on - roll off) Nusa Jaya Abadi yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Mentigi Nusa Penida, Klungkung - Pelabuhan Padangbai, Karangasem, mengalami masalah pada bagian navigasi (throttle). Akibatnya, Kapal Roro hanya melayani 1 kali keberangkatan dari normalnya 2 kali keberangkatan. Kadis Perhubungan Klungkung I Gusti Gede Gunarta mengatakan, kerusakan pada navigasi sudah terjadi cukup lama, namun masih bisa dipakai. Jika dibiarkan, bisa mengganggu dan membahayakan. 

Gusti Gunarta menegaskan, navigasi rusak harus segera diperbaiki. “Jika navigasi rusak, bisa nabrak,” ujar Gusti Gunarta, Senin (11/12). Menurutnya, kerusakan navigasi tidak masuk dalam perbaikan saat Kapal Roro menjalani docking (perawatan rutin) pada akhir Oktober 2023 lalu. “Bagian throttle tidak termasuk dari komponen yang mendapatkan perawatan saat docking, perbaikan ini membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga hari ke depan,” jelas Gusti Gunarta.

Dampak perbaikan bisa menyebabkan antrean penyebrangan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem, dan sebaliknya. Untuk itu penyeberangan barang akan dibantu dengan kapal LCT. Dinas Perhubungan Klungkung sudah sampaikan pemakluman kepada warga demi keselamatan pelayaran. “Kerusakan ini kemungkinan disebabkan kondisi kapal berumur 16 tahun,” kata Gusti Gunarta. 7 wan

Komentar