nusabali

Gedung Command Center Hampir Rampung

  • www.nusabali.com-gedung-command-center-hampir-rampung

Gedung Command Center yang bakal menjadi pusat teknologi informasi dan komunikasi sekaligus pusat data hampir rampung pengerjaanya.

MANGUPURA, NusaBali

Bangunan yang berlokasi di Puspem Badung ini tinggal finishing pada beberapa bagian saja. Pembangunana gedung menghabiskan anggaran Rp 47,4 miliar. Proyek pengerjaan sudah dilakukan sejak tahun 2017. Mega proyek era Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ini untuk mendukung program smart city yang diimpikan bupati sejak lama. Dengan program smart city pemerintah meyakini semua instansi pemerintah daerah terkoneksi satu sama lain, sekaligus bisa langsung diakses oleh masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Infomatika (Diskominfo) Badung Wayan Weda Darmaja mengatakan dengan selesainya pembangunan Gedung Commad Center, kini pihaknya tinggal menyiapkan peralatan pendukung berikut piranti yang bakal dipergunakan dalam gedung tersebut. “Kelengkapan komputer dan piranti  lainnya yang mendukung Command Centre dan ini akan diisi setelah bangunan selesai,” katanya.

Sambil menunggu selesainya pembangunan, saat ini Diskominfo mempersiapkan pengadaan seluruh peralatan pendukung, seperti perangkat komputer dan yang lain. Mantan Kabag Humas Setda Badung itu memperkirakan pertengahan tahun 2018 ini Commad Center sudah bisa beroperasi.

Mengenai Sumber Daya Manusianya (SDM), Birokrat asal Sembung, Kecamatan Mengwi ini mengakui bahwa sudah menyiapkannya. Dia menyebutkan, seluruh SDM penunjang akan diisi oleh tenaga kontrak khusus ahli dibidang IT.  “Rencana kami akan siapkan 15 orang tenaga operational Command Centre, 15 tenaga operasional CCTV, lima orang tenaga pengelola jaringan, dan lima orang programmer,” ungkap Weda Darmaja sembari menyatakan gedung tersebut juga nanti bakal menjadi tempat kerja Diskominfo. *asa

Komentar