nusabali

Target Kunjungan Wisman Terancam

  • www.nusabali.com-target-kunjungan-wisman-terancam

Jumlah wisman ke Bali hingga saat ini nyaris 4 juta orang, tapi target 5,5 juta wisman bisa meleset jika Gunung Agung meletus.

Ancaman Gunung Agung Meletus


DENPASAR, NusaBali
Kepariwisataan Bali  ketar-ketir  menyusul meningkatnya aktivitas vulkanologi Gunung Agung.  Dikhawatiri  kunjungan wisatawan akan terpengaruh (menyusut) jika sampai gunung tertinggi di Bali erupsi. Target sebanyak  5,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2017 terancam realisasinya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Yuliana Putra, menyatakan  tentu saja pihaknya berharap jangan sampai hal terburuk terjadi  yakni  Gunung Agung meletus. “Terus terang saja kita khawatir dengan kondisi ini,” ujar Yuliana Putra Jumat (22/9).

Dia tidak menampik jika sampai Gunung Agung meletus, maka target kunjungan wisman (termasuk wisatawan  domestik/wisdom) terancam tidak tercapai. “Bagaimana ya, kalau kita harapkan agar tak waswas, kenyataannya aktiivitas Gunung Agung meningkat,” ujarnya.

Karena itulah dia memahami kalau ada negara-negara seperti  Amerika  Serikat yang telah mengingatkan warganya untuk berhati-hati  berpergian di Bali, khususnya awas terhadap radius kawasan Gunung Agung. “Itu masih dalam tahap wajar. Lain halnya kalau diban sama sekali,” jelasnya.

Makanya hal pokok yang diharapkan agar kondisi  pariwisata Bali  normal, adalah jangan sampai Gunung Agung meletus.

Menurut Yuliana Putra, sampai dengan Agustus lalu jumlah wisatawan mancanegara yang berlibur ke Bali sudah sekitar 4 juta wisatawan. Atau persisnya 3.997.000 wisatawan. Jumlah tersebut  merupakan bagian dari target 5,5 juta orang wisman yang berlibur ke Bali tahun 2017.  “Jadi masih sekitar 3 bulan, yakni Oktober, November dan Desember upaya untuk realisasi target wisman,” beber Yuliana Putra.  

Jika kondisi normal,  target 5,5 juta wisman bisa tercapai.  Sedang  untuk wisatawan domestik ditarget 9 juta orang wisatawan. Keyakinan tersebut  terlihat dari trend kunjungan wisman ke Bali. Kata Yuliana Putra, semua negara (asal wisman) meningkat jumlah kunjungan turisnya. “Tidak ada yang menurun,” kata Yuliana Putra.

Makanya jika tidak hal-hal yang luar biasa semisal bencana, seperti erupsi Gunung Agung, target kunjungan wisman dan wisnus jumlah wisatawan yang ditarget bisa terlampau. *k17

Komentar