nusabali

Dermaga Lovina Dipercantik Ornamen Selfi

  • www.nusabali.com-dermaga-lovina-dipercantik-ornamen-selfi

Dinas Pariwisata Buleleng terus mempercantik dermaga di Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali

Salah satunya dengan memasang berbagai ornamen selfi. Sejumlah balon warna-warni dan bangunan semi permanen dari bambu menghiasi sisi kiri dan kanan dermaga yang dinamai dermaga cinta itu. Pemandangan baru di Pantai Lovina itu pun menyita perhatian wisatawan yang berkunjung untuk sekadar mengabadikan momen dengan berfoto ria. Selain menambah ornament untuk berselfi, juga dilakukan peremajaan dermaga. Antara lain memperbaiki papan yang berlubang, mengganti tiyang rusak.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Nyoman Sutrisna Minggu (18/9), mengatakan penataan dermaga cinta tersebut dilakukan masyarakat setempat dengan konsep pemberdayaan masyarakat. Spot foto selfi di Dermaga Lovina diresmikan pada pembukaan Festival Lovina, Kamis (14/9) lalu itu, tidak mengubah fungsi utama, yakni tempat sandar sekoci dan perahu.

‘’Kami sudah data semua, pemerintah memberdayakan masyarakat, untuk mempercantik, dermaga dan pemandangan Pantai Lovina. Tetapi tetap fungsinya sebagai tempat bersandar sekoci dan perahu-perahu,” ujar Sutrisna.

Kata dia, spot selfi tersebut juga tidak akan mengganggu aktivitas penyandaran sekoci dan perahu. Pihaknya akan membentuk pengelola khusus untuk mengatur hal tersebut seperti konsep Tanah Lot, Danau Batur dan objek wisata lainnya yang dikelola oleh desa pakraman. Tujuannya, perubahan dan perbaikan yang lebih baik.

Penataan obyek wisata itu diakui Putu Wirata asal Desa Tejakula, Buleleng. Dia dan keluarga menyaksikan sejumlah pertunjukan di Festival Lovina. Mereka menyempatkan diri berfoto di dermaga cinta. Dia mengaku sangat terkesan dengan penambahan spot selfi itu. “Ini bagus, sehingga tidkaa terkesan monoton, wisatawan juga bisa menikmati lebih banyak pesona tempat wisata ini,” kata dia. *k23

Komentar