nusabali

Diguyur Hujan, Karnaval Banjarangkan Tetap Meriah

  • www.nusabali.com-diguyur-hujan-karnaval-banjarangkan-tetap-meriah

Kecamatan Banjarangkan, Klungkung menggelar karnaval budaya pada, Sabtu (12/8), serangkaian menyambut HUT RI ke-72, 17 Agustus 2017.

SEMARAPURA, NusaBali

Meski diguyur hujan deras, karnaval ini tetap berjalan sesuai jadwal. Para penonton juga antusias dan rela berhujan-hujanan agar dapat menonton gamelan baleganjur dan babondresan saat karnaval.

Ketua Panitia Karnaval, I Dewa Gede Widiantara mengatakan, kegiatan ini memang rutin digelar setiap tahun untuk menyambut HUT RI. Dengan menampilkan potensi budaya khususnya di wilayah Banjarangkan, di antaranya kesenian bondres, gamelan baleganjur dan lainnya.

“Kendati hujan deras, tapi kegiatan ini tetap berjalan,” katanya. Selain karnaval, juga diselenggarakan berbagai kegiatan lomba yang bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai perjuangan pada generasi sekarang serta meningkat jiwa sportifitas, kebersamaan dan kekeluargaan di kalangan anak-anak, sekaa teruna, PKK, pegawai dan masyarakat pada umumnya. Di antaranya lomba melempar bola dan mewarnai tingkat TK, lomba enggrang tingkat SD, lomba Darma Wacana antar Sekaa Teruna, lomba gerak jalan 5 KM tingkat SD se-Kecamatan Bajarangkan.

Lomba lawak bebondresan tingkat SD, Lomba Baleganjur tingkat SMP, lomba pakaian adat ke pura, pakaian profesi dan lomba gebogan. Pembukaan karnaval tersebut ditandai dengan pemukulan kulkul oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta, dan jajaran. Bupati Suwirta berharap dengan diadakannya karnaval seperti ini mampu memunculkan inovasi maupun ide baru sehingga pementasannya menjadi lebih menarik. Selain untuk memeriahkan kemerdekaan, kegiatan ini juga bertujuan memupuk rasa persaudaraan dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat. *wa

loading...

Komentar