nusabali

Kenshi Gianyar Target 88 Kali Latihan

  • www.nusabali.com-kenshi-gianyar-target-88-kali-latihan

GIANYAR, NusaBali
Kenshi Gianyar diplot mampu menjalani latihan minimal 88 kali selama setahun di Program Puslag Gianyar.

Latihan sebanyak itu dikatakan dalam upaya menjaga kebugaran saat pandemi Covid-19. “Itu belum masuk ke tahap prestasi. Baru sebatas menjaga kondisi fisik agar tetap prima,” kata pelatih Kempo Gianyar, I Ketut Sada, Minggu (13/9).

Rincian jumlah 88 kali latihan tersebut jika dalam sepekan dilakukan  2 kali latiha. Sehingga hitungan satu bulan menjalani latihan sebanyak 8 kali. Dan, 8 kali latihan dikalikan 11 bulan mencapai hitungan sebanyak 88 kali latihan tatap muka. "Ini program latihan terus berlanjut. Kami di Puslag Gianyar khusus Kempo menjalani latihan 88 kali dalam setahun," ucap Ketut Sada.

Ketut Sada yang juga Waketum Pengkab Perkemi Gianyar mengatakan, kalau mencari prestasi minimal latihan 3-5 kali dalam hitungan seminggu. Sehingga kalau satu bulan bisa latihan sampai 20 kali. Program ini diakui baru dilakukan menjelang pertandingan. "Kalau ada pertandingan, volume latihan baru ditambah. Kalau sekarang sudah cukup latihan 8 kali selama satu bulan," tutur Ketut Sada.

Mantan atlet kempo yang pernah meraih 2 medali perak di ajang PON berbeda itu menegaskan, saat ini memang inilah program terbaik menuju top performance. Ini program tujuannya hanya menjaga daya tahan tubuh. Artinya, proses persiapan yang  dimaksud baru masuk tahap persiapan umum. Sebab, program yang dijalankan pelatih itu juga menyesuaikan dengan jadwal pertandingan.

Saat ini latihan kenshi Gianyar dilakukan pada hari  Rabu untuk fisik di seputaran GOR Kebo Iwa Gianyar. Sedangkan Minggu, masuk dojo berlokasi di Sukawati. “Untuk latihan di Minggu kedua itu memang masih soal fisik, tapi diisi diselingi dengan teknik. Mengingat, ada tim pengawas teknik yang dilakukan oleh KONI Gianyar. Artinya, apa yang dilakukan ini adalah program jangka pendek menuju Porpov XV/2022 di Kabupaten Badung.” kata Ketut Sada. *dek

loading...

Komentar