nusabali

STY Resmi Tangani Timnas hingga 2027

  • www.nusabali.com-sty-resmi-tangani-timnas-hingga-2027

Kita punya para pemain berusia muda, yang secara skill dan mental bisa bersaing di level Asia dan internasional. Apalagi kesempatan mereka sangat besar melangkah lebih jauh. Ini harus dijaga dan dipersiapkan penerusnya.

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir mengatakan dirinya bersama pelatih Shin Tae-yong (STY) sepakat melanjutkan kerja sama untuk tim nasional Indonesia hingga 2027.

"Setelah menikmati makanan khas Korea dan diskusi tentang program timnas Indonesia hingga 2027, saya dan coach Shin Tae-yong sepakat untuk melanjutkan kerja sama," ujar Erick Thohir, di akun instagram pribadi: @erickthohir, Kamis (25/4).

Menurut Erick Thohir, kesepakatan meneruskan kerjasama itu didasari atas roadmap program timnas Indonesia hingga tahun 2027. Saat ini, kata Erick, Indonesia memiliki generasi emas sepakbola. 

“Kita punya para pemain berusia muda, yang secara skill dan mental bisa bersaing di level Asia dan internasional. Kita harus menjaganya,"kata Erick Thohir.

"Apalagi kesempatan bagi mereka sangat besar untuk melangkah lebih jauh. Ini harus dijaga, sekaligus dipersiapkan penerusnya dalam waktu yang singkat," tambah Erick.

Kontrak STY (53 tahun) sebelumnya berakhir pada Desember 2023. Lalu PSSI memperpanjang kontrak jangka pendek selama enam bulan dengan target meloloskan dua timnas, Timnas senior dan Timnas U-23 ke babak gugur Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024, yang keduanya dimainkan di Qatar.

Sebelumnya, Erick Thohir memberikan sinyal positif akan memberikan perpanjangan kontrak kepada STY setelah memenuhi target yang diberikan PSSI.

Pada Kamis (25/4), Erick mengunggah foto bersama STY menikmati hidangan makanan serta tulisan yang menyatakan keduanya sepakat melanjutkan kerja sama untuk timnas Indonesia hingga 2027. Kesepakatan itu terjadi jelang laga Indonesia melawan Korea Selatan dalam perempatfinal Piala Asia U-23, Jumat (26/4) dinihari Wita.

Kini pekerjaan STY ke depan tak akan mudah. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga menyatakan ada target-target lain yang ke depan harus dicapai Shin.

"Target-target berikutnya pasti ada dong karena kita semua base on target untuk setiap yang ada kontrak dilakukan," kata Arya.

Menurut Arya, Indonesia belakangan ini terus dilakukan penguatan. Baik dengan mendatangkan pemain keturunan yang dinaturalisasi, maupun kekuatan dari pemain Liga 1.

Lebih lanjut, Arya Sinulingga menyatakan dukungan PSSI kepada Shin Tae-yong tak akan pernah surut. Menurut Arya, kasus Nathan Tjoe-A-On menjadi contoh terkini. STY menangani Timnas Indonesia U-23 sejak 2019. So, STY akan jadi pelatih paling lama kedua setelah Antun Pogacnic.

Sementara itu, mantan pelatih Timnas Indonesia Aji Santoso memberikan pujian terhadap kinerja STY. Aji tak ragu menyebutkan Shin sukses dalam menukangi Tim Garuda.

"Kita harus jujur mengatakan Shin Tae-yong saat ini terbilang sukses.

Terbukti, terbaru Timnas Indonesia U-23 lolos ke delapan besar Piala Asia U-23 2024," kata Aji Santoso, dalam acara Hotroom Metro TV beberapa waktu alu.

Menurut eks pelatih Persebaya itu, Timnas Indonesia mengalami progres yang bagus di sepanjang fase grup Piala Asia U-23 2024. Kualitas permainan mereka terus meningkat. Namun, Aji merasa kesuksesan itu tak lepas dari peran banyak pihak. Termasuk dukungan maksimal dari PSSI. *

Komentar