nusabali

Shin Tae-yong Janjikan Garuda Muda Bermain Bagus

Malam Ini Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-janjikan-garuda-muda-bermain-bagus
  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-janjikan-garuda-muda-bermain-bagus

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Timnas Uzbekistan U-23 pada babak semifinal Piala Asia U-23 Tahun 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4) malam ini pukul 22.00 Wita. Pemenang di laga ini bakal memastikan diri tampil di Olimpiade Paris 2024. Pelatih Timnas  Indonesia U-23, Shin Tae-yong (STY) janjikan permainan bagus dari Garuda Muda.

Dalam pertandingan ini Shin Tae-yong tidak bisa memainkan Rafael Struick karena akumulasi kartu kuning. Meski tanpa striker Ado Den Haag itu, Indonesia dijanjikan main bagus. 

“Saya tidak memiliki tekanan, saya hanya menikmati momen ini bersama para pemain. Kali ini saya akan membuat tim Indonesia melaju ke panggung Olimpiade,” tegas pria asal Korea Selatan (Korsel) ini pada konferensi pers sebelum pertandingan semifinal seperti dipantau dari Jakarta, Minggu (28/4). Perihal lawan Indonesia di semifinal, yakni Uzbekistan, Shin telah menyaksikan langsung pertandingan tim Asia Tengah itu saat menang 2-0 atas Arab Saudi pada Jumat (26/4) silam. Shin menilai salah satu kekuatan utama Uzbekistan adalah transisi cepat mereka. 

“Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kemasukan gol sama sekali. Itu adalah hal krusial. Alasan utama adalah transisi mereka sangat cepat, dari menyerang ke bertahan dan dari bertahan ke menyerang. Mungkin itu faktor yang membuat Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat di kompetisi ini,” tutur mantan pelatih timnas Korsel itu.

Shin sebelumnya pernah membawa timnas Indonesia U-20 menghadapi Uzbekistan pada pertandingan terakhir fase grup Piala Asia U-20 2023. Saat itu kedua tim bermain imbang tanpa gol, namun Uzbekistan yang berstatus sebagai tuan rumah tetap berhak melaju ke fase gugur, sedangkan Indonesia tersingkir. Uzbekistan bahkan mampu melaju ke final dan menjadi juara Piala Asia U-20 untuk pertama kalinya tahun lalu.

Meski menelan pil pahit dari ajang tersebut, Shin yakin akan mampu mempersiapkan kekuatan terbaik skuadnya, dan mendapatkan hasil yang lebih baik pada pertandingan malam ini. “Secara pribadi sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah dari Uzbekistan meski Uzbek sangat bagus dengan anggota yang baik pula. Saya memiliki kenangan baik dan perasaan yang baik pula. Maka kami memerlukan perasaan yang bagus dan keberuntungan, saya juga akan memiliki persiapan yang bagus,” ujar Shin.
 
Seperti apa performa kedua tim? Timnas Indonesia tampil solid pada babak 8 besar lalu menang 11-10 pada babak adu penalti lawan Korea Selatan. Sebelumnya, Garuda Muda juga menang lawan Australia dan Yordania pada fase grup. Indonesia telah membuat kejutan besar. Sementara Uzbekistan, finalis Piala Asia U-23 edisi 2022 dan 2018, tampil sesuai ekspektasi pada edisi 2024. Uzbekistan menang atas juara bertahan Arab Saudi pada babak 8 Besar. Uzbekistan juga menyapu bersih tiga laga fase grup. Uzbekistan tampil sempurna hingga babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024. Uzbekistan belum pernah kebobolan dan mencetak 12 gol. Lini belakang pasukan ‘Timur Kapadze’ ini sangat solid dan lini serang mereka sangat tajam.

Indonesia dan Uzbekistan terakhir bertemu pada ajang Asian Games 2022 lalu. Ketika itu, di bawah kendali Indra Sjafri, Garuda Muda kalah 2-0. Ernando Ari, Rizky Ridho, dan Ramadhan Sananta bermain sejak menit awal pada laga itu.

Di babak semifinal Piala Asia U-23 malam ini, Indonesia kehilangan satu amunisi penting, yakni Rafael Struick. Faktor ini bakal sangat berdampak bagi Garuda Muda. Jika dua kandidat pengganti, Hokyy Caraka dan Ramadhan Sananta, tampil apik, absennya Struick bukan masalah besar. 7 ant

Komentar