nusabali

43.038 KK Penerima BPNT Buka Rekening

  • www.nusabali.com-43038-kk-penerima-bpnt-buka-rekening

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, menyerahkan bantuan kartu kredit kepada penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) secara simbolis di aula Sabah Langa, Kantor Camat Manggis, Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (30/4).

Penerima BPNT sebanyak 43.038 KK langsung buka rekening dilayani petugas BRI Cabang Amlapura. BPNT akan cair mulai 10 Mei mendatang. Tiap rekening isinya Rp 200.000, hanya bisa dicairkan dalam bentuk pangan di warung yang telah ditunjuk pemerintah.

Kepala Dinas Sosial Karangasem, I Gede Basma, menegaskan BPNT berlaku dari bulan Mei hingga Desember 2020. Gede Basma menyebutkan, dari 43.038 KK penerima bantuan, awalnya dibantu Kementerian Sosial sebanyak 20.836 KK. Ada tambahan kuota dari Kementerian Sosial 13.574 KK maka total bantuan dari Kementerian Sosial sebanyak 34.410 KK. Sehingga warga kurang mampu yang tersisa belum dapat bantuan sembako sebanyak 8.628 KK. Warga kurang mampu yang tercecer sebanyak 8.628 KK akan dibantu Pemkab Karangasem dengan anggaran Rp 1,5 miliar.

“Bantuannya bisa dipilih berupa beras, telur, minyak goreng, dengan nominal Rp 200.000. Jika dua bulan kartu kredit tidak ditukar, bantuan hangus, dianggap warga penerima bantuan telah mampu,” jelas Gede Basma. Disebutkan, penerima bantuan itu terdata sesuai data pusat, pendataannya atas bantuan dari petugas TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan). Bupati Mas Sumatri mengingatkan agar kartu kredit bantuan pemerintah disimpan dengan baik. “Kartu itu bisa digesek untuk menerima bantuan sembako tiap bulan,” jelas Bupati Mas Sumatri. Warga Ni Komang Rabik dari Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis dan I Nengah Sadi dari Banjar Mangku, Desa Ulakan berucap syukur dapat bantuan pangan tiap bulan. *k16

Komentar