nusabali

Pasar Murah di Budakeling, Beli Gas Dapat Kompor

  • www.nusabali.com-pasar-murah-di-budakeling-beli-gas-dapat-kompor

AMLAPURA, NusaBali - Pemkab Karangasem menggelar pasar murah di Bale Banjar Pande, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Selasa (18/7).

Bupati Karangasem I Gede Dana ikut memantau kegiatan pasar ini. Di pasar ini adalah salah satu stand penjual tabung bright gas beserta isinya berat 5,5 kilogram. Pembelinya dapat bonus kompor gas.

"Pasar murah ini untuk menstabilkan harga-harga barang kebutuhan pokok yang selama ini berpluktuasi di pasar, apalagi jelang Galungan dan Kuningan," jelas Bupati I Gede Dana.

Untuk diketahui, Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, jatuh pada Rabu (2/8). Turut mendampingi Bupati I Gede Dana, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Sekda I Ketut Sedana Mertha, Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Karangasem I Gede Loka Santika dan Kabag Prokopim (Protokol Komunikasi dan Pimpinan) Setdakab Karangasem I Made Suartana.

Pasar ini bukan hanya menstabilkan harga gas elpiji, namun juga untuk harga komoditas lain. Di antaranya, beras, minyak goreng, kopi, gula, tepung, bumbu, telur dan kebutuhan lainnya. Di samping itu, untuk menekan inflasi dan menaikkan daya beli masyarakat.

Komoditas yang dijual di pasar murah tersebut dipasok dari para distributor, termasuk dari Perum Bulog Kanwil Bali membawa beras medium berat 5 kilogram sebanyak 186 kemasan. Ada juga beras kita laminasi berat 5 kilogram sebanyak 50 kemasan, gula merah kemasan 1 kilogram sebanyak 100 bungkus, minyak kita sebanyak 600 botol. Ada juga beras medium 5 kilogram yang umumnya harga di pasar Rp 47.500, di pasar murah dijual Rp 43.000. Sedangkan minyakita di pasar umum dijual Rp 14.000/liter, di pasar murah dijual Rp 13.500.

Bright gas berat 5,5 kilogram dijual Rp 350.000 dapat bonus kompor. Gas berat 3 kilogram dengan harga Rp 18.000, hasil kerja sama Pemkab dengan PT Luh Kartika Sari (LKS).

"Di pasar murah ini, kami berlakukan harga promo. Beli bright gas berat 5,5 kilogram dapat bonus kompor gas. Tapi, kalua lain kali, beli tabung gas tidak dapat bonus kompor," jelas pengawas PT LKS Manik Yulianingrum.

Kadis Koperasi UKM dan Perindag Karangasem I Gede Loka Santika mengatakan, pasar murah dilaksanakan di delapan kecamatan dengan jadwal yang telah disusun. Pasar murah ini digelar jelang Galungan dan Kuningan.

Sebelumnya, pasar murah dilaksanakan di Bale Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Kamis (6/7), di Wantilan Desa Adat Timbrah, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem Rabu (12/7), di Bale Desa Gegelang, Kecamatan Manggis Jumat (14/7). Selanjutnya, pasar murah di Bale Desa Sebudi, Kecamatan Selat Kamis (20/7), Bale Banjar Duuran, Desa Tri Eka Buana, Kecamatan Sidemen Selasa (25/7) dan Aula LPD Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kamis (27/7).7k16

Komentar