nusabali

Prita Kemal Gani

  • www.nusabali.com-prita-kemal-gani

Mulai dari masa PR belum diperhitungkan, hingga di era sekarang yang memberi ‘posisi tersendiri’ bagi seorang PR, tak kurang sudah 20.000 lulusan PR dicetak Prita Kemal Gani.

Prita Kemal Gani

TIDAK seperti masa lalu, seorang public relation (PR) biasa ditempatkan di divisi yang sama dengan marketing atau divisi lain dari sebuah perusahaan, di masa sekarang PR sudah dijadikan divisi tersendiri mengingat betapa pentingnya peran seorang PR untuk merepresentasikan sebuah perusahaan.
Berbicara soal peran seperti ini di tanah air,  nama Prita Kemal Gani tak bisa dilepaskan. Sosok ramah ini sudah 24 tahun menghasilkan PR yang menyebar di tanah air, di berbagai macam company, termasuk di Bali. “Ya, terutama hotel-hotel di Bali banyak didikan kami,” ungkap Prita yang menjadi pendiri dan pemilik STIKOM The London School of Public Relations (LSPR).

Prita merintis lembaga pendidikan hubungan masyarakat (public relations) pada 1 Juli 1992 dalam bentuk kursus. Setelah 7 tahun, pada tahun 1999 akhirnya lembaga tersebut diresmikan menjadi STIKOM The London School of Public Relations (STIKOM-LSPR) yang dikenal sebagai lembaga pendidikan yang cukup bergengsi di Jakarta. Prita memimpin langsung lembaga itu dengan menjabat sebagai direkturnya.

Kurun waktu 24 tahun, sebuah masa yang panjang. “Kalau dihitung, sudah ada 20.000 alumnus yang kami hasilkan,” tambah Prita. Ya, Prita adalah ikon  bidang kehumasan di Indonesia. Bahkan dia pernah didaulat menjadi perempuan pertama yang menjabat Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) pada periode 2011-2014.

Prita merupakan salah seorang di antara lima bersaudara yang lahir dari pasangan Sudaryono (ayah) yang berdarah Jawa dengan Tity (ibu) yang berdarah Minangkabau. Dia menjadi yatim setelah ayahnya meninggal dunia ketika usianya baru 5 tahun. Ayahnya, Sudaryono adalah seorang penerbit dan wartawan Suluh Indonesia, ia meninggal pada usia yang belia, 37 tahun.

Pada tahun 1992, Prita menikah dengan seorang jurnalis, Kemal Effendi Gani yang kemudian hari menjadi Pemimpin Redaksi dan juga Pemimpin Umum Majalah SWA. Pernikahan mereka dikaruniai tiga orang anak, Ghina Amani Kemal Gani, Raysha Dinar Kemal Gani, dan Fauzan Kanz Kemal Gani.

Sosok Prita tak asing dan kerap beredar di berbagai kesempatan. Jika diperhatikan, ada ciri khas menarik dari  tiap penampilannya, yaitu bros ukiran huruf LSPR yang selalu tersemat di dadanya. Seperti ketika ditemui NusaBali di LSPR Bali di Jalan Gatot Subroto Timur Denpasar pada Sabtu (6/8).

Bagi wanita berdarah Padang–Solo ini, LSPR memang sudah menjadi jiwanya sejak ia mendirikan sekolah kehumasan ini,  24 tahun silam. “Dari dulu saya sudah bercita-cita untuk menjadi guru. Tapi, ibu saya lebih senang kalau saya memulai bisnis sendiri. Ketika mendirikan LSPR ini seakan menjadi jawaban dari keinginan saya dan Ibu,” ungkap Prita.

Praktisi PR di Indonesia, menurut Prita, berkembang dengan pesat dan dicari banyak perusahaan. Peluang inilah yang lantas sukses ditangkap Prita. Lalu, mengapa ia memilih bidang pendidikan? Semua itu tak lepas dari rasa prihatinnya melihat kondisi saat itu (tahun 1992,  ketika LSPR pertama kali berdiri) belum banyak lulusan dari komunikasi maupun PR yang siap terjun ke dunia profesional. Itu sebabnya, ia mendirikan LSPR sebagai sebuah training school untuk mereka yang ingin menjadi PR profesional.

Kini, LSPR sudah menjadi  perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program sarjana ilmu komunikasi yang terbagi atas enam konsentrasi bidang, yaitu public relations, international relations, marketing, mass communication, visual design communication, advertising dan performing arts communication, serta empat program pascasarjana yang terbagi menjadi 4 konsentrasi yaitu, corporate communication, marketing communication, international relation communication, dan mass media management. 7mao


BIODATA

Nama        : Prita Kemal Gani
Lahir         : 23 November 1961
Suami        : Kemal Effendi Gani
Anak         : - Ghina Amani Kemal Gani
- Raysha Dinar Kemal Gani
- Fauzan Kanz Kemal Gani
   Orang tua     : Sudaryono (ayah) dan Tity (ibu)
   Pendidikan
- Akademi Perhotelan Trisakti, Jakarta
- Management Studies di London, Inggris
- MBA dari International Academy of Management & Economics, Manila, Filipina


SELANJUTNYA . . .

Komentar