nusabali

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Warga Baler Bale Agung Bersihkan Sampah

  • www.nusabali.com-peringati-hari-sumpah-pemuda-warga-baler-bale-agung-bersihkan-sampah

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, warga Lingkungan/Kelurahan Baler Bale Agung (BB Agung), Kecamatan Negara, Jembrana, menggelar jalan santai sembari memungut sampah plastik di sekeliling lingkungan setempat, Minggu (27/10) pagi.

NEGARA, NusaBali

Untuk lebih memeriahkan suasana, kegiatan jalan santai yang bertujuan mengajak warga lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, ini diisi undian berhadiah. Kegiatan jalan santai dengan start dan finish kembali di Tugu Togog BB Agung, ini dimulai sekitar pukul 06.00 Wita. Sebagai panitia adalah Kepala Lingkungan (Kaling) BB Agung I Putu Gede Narmada dan para kelian adat di wilayah lingkungan setempat. Kegiatan ini digagas Wakil DPRD Jembrana I Made Putu Yudha Baskara.

“Ini kami gelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini digagas oleh Pak Yudha Baskara yang juga langsung mensponsori kegiatan ini,” ujar Narmada.

Menurut Narmada, kegiatan jalan santai sembari memungut sampah plastik di sekeliling lingkungan ini diikuti sekitar 700-an warga termasuk dari kalangan sekaa teruna (ST), murid SDN 1 BB Agung dan SDN 4 BB Agung di Lingkungan BB Agung. Setelah berkeliling lingkungan sembari memungut sampah plastik di sepanjang rute jalan hampir sepanjang 3 kilometer, peserta disuguhi nasi jinggo gratis, sembari dilakukan pengundian hadiah di panggung hiburan yang tepat didirikan di sebelah bale lingkungan setempat. “Kami siapkan 1.000 bungkus nasi jinggo, dan semua ludes,” ucapnya.

Penggagas kegiatan, I Made Putu Yudha Baskara yang juga warga Lingkungan BB Agung, mengatakan dirinya sengaja menggelar jalan santai sembari memungut sampah plastik dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda, ini bersama-sama mengajak warga membudayakan hidup sehat dan peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sesuai tema kegiatan ini, yakni ngalih liang ngae galang (mencari kebahagian, membuat bersih). “Kegiatan ini juga bertujuan mendukung program pemerintah, Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Bagaimana kita membudayakan bersih lingkungan, bersih diri, dan hidup sehat,” ujarnya.

Yudha Baskara mengatakan, sampah plastik yang terkumpul sepanjang jalan lingkungan setempat tidak begitu banyak. Dia mengapresiasi, karena menandakan warga telah sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan di jalan, terlebih sampah-sampah anorganik atau sampah plastik.  

“Kami di Kelurahan BB Agung juga sudah punya bank sampah. Tinggal sama-sama bergerak, dari hal yang terkecil dulu, agar tidak membuang sampah sembarangan,” ucap politisi Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD Jembrana.

Aneka hadiah undian di antaranya, 10 buah payung, 10 lusin buku tulis, 5 buah jam dinding, 4 buah termos, 5 buah setrika, 3 buah kompos gas, 3 buah dispenser, 3 buah blender, 3 buah magic com, 5 buah kipas angin, dan hadiah utama berupa 2 buah sepeda gayung. Hadir pada kesempatan tersebut, Lurah BB Agung Ida Bagus Gede Ananda Kusuma, dan anggota DPRD Provinsi Bali Dapil Jembrana I Kade Darma Susila yang juga warga Kelurahan Baler Bale Agung. *ode

Komentar