nusabali

Makrab dan Festival Baleganjur Banten Berjalan Sukses

  • www.nusabali.com-makrab-dan-festival-baleganjur-banten-berjalan-sukses

Malam keakraban (makrab) dan festival baleganjur yang baru pertama di gelar Ikatan Pemuda Hindu Banten (IPHB) pada 28-29 September di Pura Eka Wira Anantha, Serang, Banten berjalan sukses.

JAKARTA, NusaBali

Apalagi acara dihadiri sekitar 200 orang lebih. Mereka tidak hanya berasal dari kalangan muda-mudi banjar se Banten. Melainkan orangtua juga turut meramaikan.

Ketua PHDI provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, Pembimas Hindu provinsi Banten Sunarto, Kelian banjar Serang Gede Darmayadi serta umat dari perwakilan enam banjar di provinsi Banten hadir pula.

Ketua IPHB I Gusti Putu Suarjaya atau biasa disapa Gustu mengatakan, acara tersebut sudah direncanakan IPHB sejak lama. Tujuannya untuk menjalin kekompakan pemuda Hindu di Banten. Plus melestarikan seni dan budaya Hindu di Banten.

"Namun baru terealisasi tahun ini dan berjalan sukses," ucap Gustu kepada NusaBali usai acara, Minggu (29/9).

Mereka mengawali dengan yoga bersama, makan dan lomba antar pemuda-pemudi. "Ada dua lomba kami gelar. Untuk kalangan perempuan, kami gelar lomba membuat banten pejati. Sementara bagi kalangan pria, lomba membuat sanggah caru," terang Gustu. Acara lanjut dengan penampilan artis Bali, Puja Astawa yang didatangkan langsung ke Serang.

IPHB mendatangkan Puja Astawa, lantaran konten videonya di You Tube lucu sehingga dikenal oleh kalangan anak muda Bali. Hal itu membuat IPHB tertarik menghadirkannya guna memberi motivasi bagi kalangan muda Hindu Banten. "Selain melawak, dia juga sharing dan memberikan motivasi kepada kami," terang Gustu.

Humas IPHB Ketut Yasa Giriana atau biasa disapa Gading menambahkan, untuk festival baleganjur, IPHB mendatangkan tiga orang juri dari DKI Jakarta dan Bekasi yang menguasai tentang seni tersebut. Penilaian festival baleganjur dari sisi kekompakan dan keselarasan sebesar 50 persen, teknik sebanyak 30 persen dan 20 persen kreativitas.

Hasilnya juara pertama adalah Perhimpunan Pemuda Pemudi Hindu Tangerang (Permudhita) meraih juara, kedua Sekaa Teruna Teruni Hindu Dharma (STHD) Ciledug, ketiga Perhimpunan Muda Mudi Hindu Tigaraksa (Permudhiksa) dan juara Harapan I Dharma Taruna Banten (DTB) Serang.

Masing-masing juara mendapat dana pembinaan. Untuk lomba pembuatan banten pejati, pemenang pertama STHD Ciledug. Kedua DTB Serang, ketiga Permudhiksa dan juara Harapan I Permudhita. *k22

Komentar