nusabali

Organda Minta Tambahan Bus Sekolah

  • www.nusabali.com-organda-minta-tambahan-bus-sekolah

Ketua Organda Gianyar Wayan Ari Semadi mengharapkan untuk 2017, Pemkab Gianyar menambah armada angkutan sekolah gratis. 

GIANYAR, Nusabali
Karena kebutuhan bus sekolah masih kurang dibanding dengan jumlah siswa yang ada. 
‘’Dari hasil uji coba pengoperasian bus sekolah mendapat sambutan positif dari siswa dan orang tua siswa,’’ ujarnya di Gianyar, Senin (18/4).

Pada 14 Maret 2016, Pemkab Gianyar melaunching tujuh bus sekolah gratis. Jumlah siswa di Gianyar 28.000 orang, idealnya di tiap kecamatan ada 7-8 bus sekolah, tergantung kebutuhan. Biaya operasional bus sekolah saat ini Rp 271 juta per bulan.  "Mudah-mudahan anggaran tahun depan bisa mencukupi” ungkap Ari Semadi.

Ari Semadi menambahkan, pengoperasian bus ini harus didukung feeder (kendaraan pengumpan). Karena bus sekolah berbadan besar, tidak bisa menjangkau jalan di pelosok desa yang kecil. Selain itu, angkutan umum agar tidak kehilangan penghasilan. “Mungkin pemerintah bisa melakukan peremajaan angkutan desa dan memberikan subsidi sebagai kompensasi feeder bus sekolah” jelasnya.

Ketua Komite Bidang Humas SMPN 1 Tampaksisirng I Wayan Sudiasa mengatakan, bus sekolah sangat membantu transportasi siswa di Kecamatan Tampaksiring. Dengan bus ini kecemasan orangtua siswa dengan keselamatan anaknya di jalan raya, hilang. ‘’Program bus sekolah harus tetap dilanjutkan, jangan sampai berganti pemimpin berganti kebijakan yang membuat bus sekolah tidak beroperasi lagi. 7 cr62

Komentar