nusabali

Jalan Santai Sambut Dies Natalis ke-13 IHDN Denpasar

  • www.nusabali.com-jalan-santai-sambut-dies-natalis-ke-13-ihdn-denpasar

Hari Ini, Berikan Penghargaan kepada Tiga Tokoh Hindu

DENPASAR, NusaBali
Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar menapaki usia remaja. Hari ini, Rabu (8/11), merupakan hari istimewa dalam memperingati 13 tahun lahirnya perguruan tinggi negeri agama Hindu tersebut. Bertambahnya usia ini disambut sukacita oleh civitas akademika IHDN Denpasar.

Sukacita itu tergambar dalam sejumlah kegiatan menarik yang dilaksanakan Selasa (7/11) di halaman kampus, serangkaian menyambut Dies Natalis ke-13. Kegiatan kemarin diawali dengan jalan santai yang dilepas langsung oleh Rektor Prof Dr Drs I Gusti Ngurah Sudiana MSi, dengan mengambil rute dari kampus di Jalan Ratna menuju Jalan WR Supratman, kemudian Jalan Kenyeri dan kembali ke kampus.

Setelah itu, sejumlah kegiatan menarik pun digelar di halaman kampus. Keceriaan dan gelak tawa pun tak terhindarkan terutama saat lomba yang mengharuskan berpasangan, seperti lomba balon berpasangan. Tidak hanya itu, sejumlah acara menarik lainnya juga menyita perhatian, diantaranya lomba senam kreasi, lari berpasangan, balap sarung, dan karaoke.

Menurut Ketua Panitia Dies Natalis ke-13 IHDN Denpasar, Gek Diah Desi Sentana SS MHum, kegiatan menyambut Dies tidak hanya dengan kegiatan internal kampus berupa lomba-lomba, namun juga dalam bentuk bakti sosial dan pengabdian masyarakat sosial keagamaan. Beberapa waktu lalu, IHDN Denpasar melakukan kunjungan bakti sosial ke Panti Asuhan Hindu Sunya Giri, Padangsambian Kaja, Denpasar.

Sementara serangkaian Dies, IHDN Denpasar juga melakukan pengabdian masyarakat berupa ngayah di pura-pura, diantaranya ngayah calonarang di Banjar Canggi, Desa Batuan Kaler, Gianyar, Ngayah menari bebalihan di Pura Kentel Gumi, Klungkung, termasuk ngayah mereresik dan membuat sarana upakara di Pura Sakenan, ngayah Umanis Kuningan di Pura Dalem Batubulan, serta ngayah tari wali di Pura Pucak Mangu dan Balingkang.

Sementara puncak Dies Natalis ke-13 akan dilaksanakan hari ini di ruang auditorium IHDN Denpasar. Menurut Rektor Sudiana, ada yang baru tahun ini. Ada IHDN Awards yakni sebuah penghargaan spesial yang diberikan tokoh-tokoh yang berperan terhadap perkembangan Agama Hindu dan pendidikan. Ada tiga tokoh yang bakal menerima penghargaan yakni Ida Pedanda Gede Wayahan Wanasari, Ida Pandita Mpu Sinuhun Siwa Putra Paramadaksa Manuaba, dan Ida Tjokorda Gede Agung Sukawati.

“Beliau-beliau ini merupakan tokoh yang berperan terhadap perkembangan agama Hindu dan pendidikan. Ada 15 tokoh yang kita seleksi dilihat dari peran beliau, karya-karyanya, termasuk bagaimana dengan masyarakat sekitar,” ungkapnya di sela acara kemarin.

Dengan bertambahnya usia IHDN Denpasar, Rektor Sudiana berharap semangat baru selalu tumbuh, dan kampus senantiasa bisa selalu dalam keadaan kondusif. Dengan mimpi dan semangat yang tinggi, cita-cita kampus untuk menjadi maju, unggul dan teratur bisa digapai. “Harapannya bagaimana agar suasana kampus semakin kondusif, dan mimpi tentang kemajuan bidang riset bidang penelitian, pengabdian ini perlahan kita bisa wujudkan. IHDN Denpasar harus mampu menjadi salah satu kampus terdepan dalam memberikan informasi tentang dharma, agama, adat, dan budaya,” tegasnya.

Untuk mewujudkan mimpi tersebut, saat ini persiapan akreditasi lembaga sudah sebagian besar telah dilakukan. “Targetnya tercapai tahun 2018. Kami ingin dosen dan civitas semangat bahu-membahu untuk mewujudkan ini,” katanya. *ind

Komentar