nusabali

6 Bus Sekolah Sudah Berada di Denpasar

  • www.nusabali.com-6-bus-sekolah-sudah-berada-di-denpasar

Sebanyak 6 unit Bus Sekolah yang dinanti-nanti pelajar akhirnya sudah berada di Kota Denpasar. 

Siap Uji Coba pada 13 November 2017

DENPASAR, NusaBali
Bus yang dipesan Dinas Perhubungan ini tengah dititipkan di salah satu dealer di Jalan Cokroaminoto Denpasar untuk penambahan aksesoris yang harus terselesaikan sebelum uji coba pada Senin (13/11) mendatang.

Menurut informasi, Bus Sekolah yang akan melayani sebanyak 290 siswa yang sudah terdaftar ini, didatangkan dari Jakarta sejak Selasa (24/10) lalu.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Trasportasi Darat Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Dewa Ketut Adi Pradnyana,  Kamis (26/10) mengatakan, pihaknya menerima bus tersebut sebelum waktu yang di targetkan. Namun saat ini pihaknya belum bisa menampung bus tersebut lantaran terkendala dengan tempat yang masih dilakukan perbaikan, sehingga pihaknya menitipkan mobil tersebut di salah satu dealer sekaligus untuk penambahan aksesoris dan proses smart card untuk identitas siswa.

Setelah datangnya enam unit bus senilai Rp 5,5 miliar itu, kata Dewa Adi, pihaknya juga sudah melakukan pertemuan dengan OPD terkait untuk melakukan dengar pendapat mengenai kesiapan Bus Sekolah sebelum dilakukan uji coba. "Kami tadi sudah melakukan pertemuan dengan OPD terkait untuk melakukan dengar pendapat. Dan mereka sepakat, selanjutnya tanggal 8 November 2017 kami akan mengumpulkan orang tua siswa untuk melakukan sosialisasi," kata Dewa Adi.

Bahkan saat pertemuan nanti, kata dia, pihaknya akan langsung memberikan Smart Card, serta membantu mereka mendownload aplikasi Si_Buse pada ponsel Android orang tua siswa. Dengan aplikasi tersebut, orang tua siswa akan menerima notifikasi 5 menit sebelum bus sampai. Maka setelah mendapat notifikasi siswa harus segera menuju titik kumpul terdekat mereka. "Ketika mereka telat 5 menit saja, maka mereka akan kita tinggal," kata Dewa Adi.

Selain itu menurutnya, untuk rute saat ini pihaknya sudah memasang rambu pada 20 titik kumpul baik di Denpasar Timur maupun Denpasar Utara yang nantinya Bus Sekolah menuju titik Jalan Kamboja. "Semua kita sudah siapkan baik rambu, aplikasi, dan titik kumpul sudah kami sediakan. Tetapi dalam uji coba ini kami belum memiliki halte yang terpasang. Itu akan dibuatkan menyusul, sambil melakukan evaluasi satu Minggu uji coba ini," tandasnya. *m

Komentar