nusabali

Mantapkan Komitmen Berantas Stunting di Tabanan

Ny Rai Wahyuni Sanjaya Kembali Bagikan PMT-APE di TK Negeri Tabanan

  • www.nusabali.com-mantapkan-komitmen-berantas-stunting-di-tabanan

TABANAN, NusaBali - Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Tabanan, Ny Rai Wahyuni Sanjaya kembali menyerahkan bantuan berupa PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan APE (Alat Permainan Edukatif) di TK Negeri Tabanan yang berlokasi di Banjar Kedampal, Desa/Kecamatan Kerambitan, Tabanan pada, Jumat (19/4).

Kegiatan yang dilakukan sebagai perpanjangan tangan dari Bupati Tabanan ini, bagian dari memperhatikan tumbuh kembang anak dan pendidikan anak sejak usia dini sebagai salah satu komitmen dalam memberantas stunting di Tabanan. Aksi yang berlangsung mulai pagi hari tersebut merupakan agenda kedua yang dilakukan dalam minggu yang sama, di mana sebelumnya pembagian PMT dan APE berlangsung di Banjar Beringkit, Desa Beringkit Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan. Hal tersebut tentunya membuktikan komitmen Bunda Rai yang semakin mantap untuk menekan dan memberantas angka stunting di Tabanan secara keseluruhan. 

Dalam kegiatan di Kerambitan itu, Bunda Rai didampingi para perangkat daerah terkait, hadir juga Bunda PAUD Kecamatan Kerambitan. Perbekel Kerambitan, Bunda PAUD Desa Kerambitan, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan TK Negeri Tabanan di Kerambitan, serta anak-anak TK Negeri yang tampak memadati lokasi acara saat itu. 

Adapun bantuan yang diberikan saat itu adalah 100 paket PMT yang berisikan susu, biskuit, telur, buah dan jagung, susu, keju atau Jasuke. Sementara permainan edukatif yang disalurkan adalah APE indoor dan outdoor berupa Mangkok Putar, Ayunan Kursi, Kereta Api Hewan, Balok, Pohon Angka, Puzzle dan Bowling. Sorak semangat anak-anak menyambut kedatangan rombongan dengan untaian buket bunga dan suguhan tari-tarian pagi itu menambah rasa suka cita dan kehangatan yang terpancar. Di kesempatan itu Bunda Rai menerangkan, kegiatan pemberian PMT ini hanyalah sebagian kecil dari upaya pencegahan stunting. Menurutnya, ini sebagai unsur merangsang, karena peran terbesar dan terpenting adalah perhatian orang tua dalam memberikan makanan bergizi kepada anak dalam setiap harinya. 

“Selaku Bunda PAUD Kabupaten Tabanan dan dukungan semua pihak, saya berkomitmen untuk dapat mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas dan kapasitas anak-anak usia dini," ujarnya. Sementara bantuan APE ini diberikan dengan harapan dapat menunjang tumbuh kembang anak melalui metode bermain sambil belajar secara sistematis. "Jadi APE diberikan sebagai pendukung kualitas proses belajar dan mengajar baik di dalam maupun luar kelas," tegas Bunda Rai. 

Atas kehadiran Bunda PAUD Kabupaten Tabanan beserta jajaran ini, Kepala TK Negeri  Tabanan Ni Made Wahyuni menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas perhatian yang terus mengalir dari Pemkab Tabanan dan Bunda PAUD. 

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Bunda PAUD Kabupaten Tabanan yang hari ini memberikan bantuan PMT kepada kami di TK Negeri Tabanan khususnya Kecamatan Kerambitan," ujarnya. 

Dia berharap ke depan Bunda PAUD Tabanan dan Pemkab Tabanan selalu dan tetap mendukung program-program PAUD. "Khususnya terus menjalin kolaborasi guna kemajuan Pendidikan di Kabupaten Tabanan terlebih di TK Negeri Tabanan Kecamatan Kerambitan," tandasnya. @ des

Komentar