nusabali

Pohon Kelapa Tumbang Timpa Rumah

  • www.nusabali.com-pohon-kelapa-tumbang-timpa-rumah
  • www.nusabali.com-pohon-kelapa-tumbang-timpa-rumah

AMLAPURA, NusaBali - Pohon kelapa panjang 30 meter dan diameter 30 cm, tumbang menimpa rumah warga di Banjar Subagan, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (2/5) pukul 07.30 Wita. Akibatnya, bagian atap bangunan ringsek dan seluruh genting jatuh berserakan.

Rumah tersebut milik warga I Nengah Wardika. Warga melaporkan bencana itu ke Camat Manggis I Putu Eka Putra Tirtana. Selanjutnya laporan tersebut diteruskan ke TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem. 

Empat petugas dipimpin Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD I Nyoman Soko Wijaya, melakukan pemotongan batang pohon kelapa yang melintang di atas bangunan. Petugas membawa 2 chainsaw, menjadikan batang kelapa menjadi beberapa bagian. "Akar pohon sudah lapuk, makanya tumbang, walau tidak terjadi hujan dan angin kencang," jelas Soko Wijaya.


Dalam kesempatan itu, TRC BPBD membawakan bantuan berupa matras, selimut, sabun, dan terpal.  Hanya saja terpal bantuan BPBD tidak cukup untuk menutup atap bangunan korban. Karena hampir seluruh atap rusak yang bagian gentengnya semuanya berjatuhan.

Meski demikian korban Wardika, mengapresiasi dapat bantuan dari BPBD, mulai dari penanganan pohon kelapa, hingga bantuan. Kondisi di sekitar kejadian, memang banyak pohon kelapa, salah satunya yang dekat rumah warga tumbang. Atas kejadian itu, tidak menyebabkan warga terluka, termasuk penghuni rumah selamat. 

Camat Manggis I Putu Eka Putra Tirtana juga mengingatkan warga, agar lebih berhati-hati yang tinggal di tengah tegalan, yang banyak ada pohon kelapa. "Sebab, kondisi pohon kelapa sulit diketahui, terkadang akarnya telah keropos, tetapi sepintas masih tumbuh subur," kata mantan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karansgem.7k16

Komentar