nusabali

Warga Muslim di Kampung Sindu Rayakan Idul Fitri dengan Magibung

  • www.nusabali.com-warga-muslim-di-kampung-sindu-rayakan-idul-fitri-dengan-magibung

GIANYAR, NusaBali - Sebanyak 65 kepala keluarga (KK) warga Muslim di Kampung Sindu, Desa Keranas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah dengan tradisi magibung di masjid.

Tradisi makan bersama khas Bali ini dilaksanakan oleh warga di Kampung Sindu untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga.  

Satu per satu warga datang ke Masjid Darul Hijrah dengan membawa makanan yang ditempatkan di atas nampan. Warga membawa aneka sajian yang selanjutnya disantap bersama di Masjid Darul Hijrah. 

"Tradisi magibung ini sudah kami laksanakan secara turun temurun," ujar Mang Heri, salah satu tokoh Muslim Kampung Sindu saat dikonfirmasi, Jumat (12/4). 

Tujuannya adalah untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga di Kampung Sindu. Tradisi magibung ini merupakan salah satu di antara kekhasan tradisi di Bali yang diadopsi oleh warga Muslim di Kampung Sindu. 

Tidak ada aturan khusus dalam santap bersama atau magibung ini. Biasanya masing-masing keluarga duduk membentuk lingkaran kemudian menikmati sajian sambil bersenda gurau. 

"Magibung ini menunjukkan persatuan. Besar kecil, banyak sedikit kita syukuri. Bersyukur atas kesehatan, tempat, dan lain-lain,” imbuh Heri. 7 nvi

Komentar