nusabali

Okupansi Capai 68,97 Persen

Hunian Hotel di Denpasar saat Libur Lebaran

  • www.nusabali.com-okupansi-capai-6897-persen

DENPASAR, NusaBali - Tingkat hunian kamar (okupansi) hotel berbintang di Kota Denpasar selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024 meningkat hingga 68,97 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Ni Putu Riyastiti, Minggu (14/4), mengatakan sebelum libur Lebaran okupansi hotel bintang di Denpasar masih di bawah 60 persen. Tepatnya pada Maret masih di kisaran 50 hingga 55 persen. Namun kini meningkat hampir mencapai 70 persen. 

“Peningkatan saat libur Lebaran terlihat cukup signifikan pada hotel bintang. Berdasarkan data BPS Provinsi Bali, okupansi hotel bintang sebelum lebaran di Kota Denpasar masih di bawah 60 persen,” kata Riyastiti.

Kenaikan okupansi tersebut didominasi di wilayah Sanur yang merupakan kawasan utama destinasi wisata Denpasar. Riyastiti mengakui, kenaikan okupansi di Denpasar ini dipengaruhi oleh lonjakan kunjungan wisatawan.

Menurut Riyastiti, kunjungan saat ini didominasi wisatawan domestik yang mendapatkan libur panjang Hari Raya Idul Fitri. “Iya lebih ke pasar leisure, bukan MICE. Karena sepertinya penyelenggaraan MICE di Indonesia dilaksanakan setelah Lebaran. Domestik sepertinya lebih dominan di bulan ini, karena liburan panjang Lebaran dan banyak yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi atau family trip,” ucap mantan Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar ini. 7 mis

Komentar