nusabali

Timnas Basket Putri U-18 Kembali TC di Bali 29 April

  • www.nusabali.com-timnas-basket-putri-u-18-kembali-tc-di-bali-29-april

JAKARTA, NusaBali - Tim nasional basket putri U-18 Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali pada 29 April. TC tersebut untuk persiapan mengikuti kompetisi Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) U-18.

PP Perbasi pada Sabtu (20/4) menyebutkan, saat ini para pemain masih diberi waktu libur Lebaran Idul Fitri 1445 H untuk berkumpul bersama keluarga. Setelah mulai TC, para pemain akan fokus berlatih lagi hingga pemberangkatan mengikuti SEABA U18 di Thailand pada 24-26 Mei.

SEABA U18 adalah babak kualifikasi FIBA U-18 Women's Asia Cup 2024 Division A di Senzhen, China pada 24-30 Juni. Sebanyak 18 pemain dari sejumlah daerah di Indonesia mulai mengikuti TC di Bali setelah lolos seleksi pada 22-24 Maret.  Seleksi yang diikuti 54 pemain itu hasil pemantauan di berbagai kejuaraan, serta rekomendasi dari berbagai Pengprov Perbasi di Indonesia.

Manajer Timnas Basket Putri U-18 Dedy Setiawan, mengatakan selama seleksi berlangsung para pelatih mengapresiasi pemain yang memiliki kemampuan atau skill individu yang hampir merata.

Menurut Dedy, pemain hasil seleksi ini sangat potensial untuk timnas senior masa depan, sehingga harus dimaksimalkan melalui latihan bersama dalam waktu yang lama, guna mematangkan penampilan sebagai satu tim.

Dedy juga mengingatkan 18 nama yang sudah mengikuti TC dari awal belum sepenuhnya aman. Sebab, pemusatan latihan tersebut memberlakukan sistem promosi dan degradasi. Pemain yang tidak berkembang berpeluang tereliminasi jika ditemukan pemain yang lebih bagus.

Dedy menambahkan, seleksi tetap masih terbuka untuk pemain yang saat diundang ikut berhalangan hadir karena masih fokus dengan pendidikannya di luar negeri.

Para pemain itu adalah Jasmine Prajitno dan Justine Parjitno dari Jawa Barat. Maxine Maria Sutisna dan Evangeline Clarissa Djohan dari DKI Jakarta. Selanjutnya, Callista Gabrielle Purwadi dan Felicitas Mikayla Purwadi dari Banten. ant

Komentar