nusabali

715 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Bali Mandara

Berlangsung dari 31 Maret hingga 15 April 2024

  • www.nusabali.com-715-ribu-kendaraan-melintas-di-tol-bali-mandara

MANGUPURA, NusaBali - Selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, kunjungan wisatawan domestik di Pulau Bali mengalami lonjakan signifikan. Hal ini turut diikuti dengan peningkatan volume lalu lintas di Tol Bali Mandara. PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku pengelola mencatat sebanyak 715 ribu kendaraan melintas di jalan tol tersebut selama periode libur Lebaran, yang berlangsung dari 31 Maret hingga 15 April 2024.

Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang, mengatakan lonjakan volume lalu lintas ini mencerminkan antusiasme masyarakat dalam menyambut libur Lebaran. Angka tersebut merupakan akumulasi dari arus lalu lintas yang melintasi ketiga gerbang tol di Bali, yaitu Gerbang Tol Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa.

“Ada sekitar 715 ribu kendaraan yang melintas di Tol Bali Mandara selama periode libur Lebaran sejak 31 Maret hingga 15 April 2024,” ujar Adiputra Karang, Rabu (17/4) siang.

Lebih lanjut dijelaskan, peningkatan volume kendaraan itu sudah terasa sejak H-8 Idul Fitri atau pada Selasa (2/4), dengan lonjakan signifikan terjadi pada hari-hari berikutnya. Dia membeberkan bahwa jumlah keseluruhan volume lalu lintas yang melintasi Jalan Tol Bali Mandara meningkat sebesar 27 persen jika dibandingkan dengan volume lalu lintas periode Lebaran 2023 yang tercatat 578 ribu kendaraan.

“Prediksinya volume lalu lintas selama libur Lebaran 2024 yakni 697 ribu kendaraan, namun realisasinya 715 ribu kendaraan atau melebihi prediksi yakni sebesar 2,5 persen,” tambahnya.

Untuk menghadapi peningkatan arus lalu lintas, PT JBT mengambil langkah-langkah strategis, seperti menempatkan petugas dan Satuan Tugas (Satgas) Jasamarga Bali Tol Siaga di setiap Gerbang Tol. Selain itu, juga menyediakan mobile reader (MR) di setiap gerbang tol untuk mempercepat transaksi pembayaran tol jika terjadi antrian.

Tak hanya fokus pada pelayanan, PT JBT juga berusaha meningkatkan ketertiban lalu lintas dengan melakukan berbagai upaya edukasi kepada pengguna jalan. Termasuk bekerja sama dengan PJR Induk VI untuk memberikan imbauan berkendara, mengingatkan pengguna jalan tentang peraturan lalu lintas, pentingnya menggunakan alat pelindung diri seperti helm, serta memastikan kelengkapan dokumen berkendara dan saldo yang cukup saat memasuki Tol Bali Mandara.

“Seluruh petugas dan Satgas telah dikerahkan untuk melakukan controlling dan monitoring di setiap sisi Tol Bali Mandara guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Saya juga menyampaikan kepada pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu-rambu dan imbauan dari petugas demi menjaga ketertiban dan keselamatan berkendara,” ucap Adiputra Karang. 7 ol3

Komentar