nusabali

SMAN 2 Amlapura Dominasi Calon Paskibraka ke Provinsi

  • www.nusabali.com-sman-2-amlapura-dominasi-calon-paskibraka-ke-provinsi

AMLAPURA, NusaBali - SMA Negeri 2 Amlapura mendominasi lolos calon peserta Paskibraka Tingkat Provinsi Bali 2024 dari Karangasem. Dari 10 siswa yang maju ke Provinsi Bali, enam siswa putra dan putri dari SMA Negeri 2 ini.

Siswa yang lolos ikut tes calon anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Bali, terdiri dari lima besar putra dan lima besar putri. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karangasem I Wayan Sutapa, memaparkan hasil seleksi calon anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Bali 2024 tersebut, di Amlapura, minggu (31/3).

Sutapa memaparkan, tes terakhir yang dilaksanakan, bersamaan dengan tes calon anggota Paskibraka Tingkat Kabupaten Karangasem 2024. Semula menyisakan 162 siswa, masing-masing 81 putra dan 81 putri. Semuanya mengikuti tes wawancara, pengujinya I Wayan Sutapa, Kasek SMAN 3 Amlapura Wayan Sugiana dan Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana. 

Semua siswa diuji satu persatu. Kemudian hasil tes wawancara itu, dimasukkan ke dalam aplikasi BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), selanjutnya langsung keluar hasil, lengkap dengan ranking. "Panitia hanya memasukkan hasil tes wawancara, sedangkan yang menilai adalah aplikasi langsung dengan ranking," jelas I Wayan Sutapa.

Semua peserta yang ikut tes wawancara, katanya,  kelihatan hasilnya dari ranking 1 hingga 81, putra dan putri. Kabupaten Karangasem hanya memerlukan 60 siswa, yakni 30 putra dan 30 putri.

Dari 60 siswa itu, 10 siswa masing-masing 5 putra dan 5 putri yang masuk ranking 1-5, dikirim ke Provinsi Bali. Sehingga tinggal 50 siswa. "Tinggal menunggu hasil tes calon anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Bali, jika misalnya 5 siswa yang lolos di Provinsi Bali, maka 5 siswa lagi otomatis kembali masuk anggota Paskibraka Kabupaten Karangasem, sehingga di kabupaten memiliki 55 anggota," tambah mantan staf ahli Bupati dan Kadis Perhubungan Karangasem.

Dari 10 siswa yang lolos mengikuti tes calon anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Bali 2024, sebanyak 6 siswa berasal dari SMAN 2 Amlapura, untuk kelompok putra yakni I Wayan Dani Prasetya Pratama skor 93,32, I Wayan Ananta Wijaya skor 93,32 dan I Nyoman Aditya Adi Widya Nugraha skor 93,32. Sedangkan tiga putri, atas nama Ida Ayu Intan Sudewi skor 92,84, Ni Wayan Marcella Kurnia Putri skor 90,59 dan Ni Kadek Alicia Keila Putri skor 89,84.

Selebihnya di bagian putra, yakni I Ketut Catur Diyarsawibawa dari SMAN 3 Amlapura skor 92,6 dan I Wayan Sudirta dari SMKN 1 Amlapura skor 91,32, di bagian putri: Luh Fitri dari SMAN 1 Rendang skor 92,84, dan Ni Komang Susilawati dari SMAN 1 Amlapura skor 92,84.

"Saya mengapresiasi perjuangan siswa hingga mampu lolos ikut seleksi ke Provinsi Bali, bahkan targetnya agar lolos jadi anggota Paskibraka Tingkat Nasional," harap Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa.

Seleksi Paskibraka sejak babak awal diikuti 321 siswa se-Karangasem, mengikuti tes tulis, tes intelegensi, dan tes fisik. Syarat-syarat peserta calon anggota Paskibraka, untuk putra tinggi 167 cm-180 cm, dan putri 162 cm hingga-175 cm, setiap siswa wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter, biodata, dan persetujuan dari orangtua siswa.7k16A

Komentar