nusabali

'Jumat Curhat', Warga Wanagiri Keluhkan Macet di Jalur Desa

  • www.nusabali.com-jumat-curhat-warga-wanagiri-keluhkan-macet-di-jalur-desa

SINGARAJA, NusaBali - Warga Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng mengeluhkan kemacetan yang sering terjadi di jalur Desa Wanagiri. Keluhan itu disampaikan kepada Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi saat menggelar kegiatan Jumat Curhat, pada Jumat (22/3) di Desa Wanagiri, Sukasada.

Dalam pertemuan tersebut, warga mengungkapkan kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang jalur desa. Hal ini pemicunya karena banyakn destinasi wisata di daerah tersebut. Warga berharap agar pihak kepolisian dengan Linmas Desa Wanagiri dapat meningkatkan pengamanan jalur.

Warga juga meminta agar petugas diberikan pelatihan kemampuan pengaturan lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Selain itu, warga juga memohon penambahan rambu lalu lintas di ruas jalan yang rawan kecelakaan.

Selain masalah kemacetan, Desa Wanagiri juga kerap dilanda bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang. Untuk mengatasi hal ini, warga telah membentuk relawan tanggap bencana.

Menanggapi keluhan tersebut, Kapolres AKBP Widwan menyatakan bahwa personel kepolisian disiapkan mengantisipasi kemacetan maupun bencana di daerah tersebut. “Kami sudah mengantisipasi kemacetan dengan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas pada hari libur di Desa Wanagiri, sehingga kemacetan dapat terurai,” jelasnya. 

Pada kesempatan itu, AKBP Widwan juga menyoroti masalah peredaran narkoba di wilayah tersebut. Ia meminta kerjasama antara masyarakat dan pihak kepolisian dalam pemberantasan peredaran narkoba. “Kami harap desa bisa membentuk perarem atau awig-awig tentang narkoba. Mengingat Buleleng masuk dalam zona merah narkoba,” harapnya.

Aparatur Desa merespons positif usulan tersebut dengan mengungkapkan bahwa selama ini desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa telah melaksanakan sambang sekolah di Desa Wanagiri untuk memberikan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan obat terlarang seperti narkoba.7 mzk

Komentar