nusabali

Tomat Terbang Tinggi, Harganya Tembus Rp 40 Ribu per Kilo!

  • www.nusabali.com-tomat-terbang-tinggi-harganya-tembus-rp-40-ribu-per-kilo

DENPASAR, NusaBali - Pecinta tomat, bersiaplah gigit jari! Harga tomat di Kota Denpasar mendadak naik drastis dalam beberapa waktu terakhir. Dari harga normal Rp 15 ribu per kilogram, kini si merah merona ini melesat hingga Rp 30 ribu per kilogram. Bahkan, ada pedagang yang nekat menjualnya dengan harga fantastis, Rp 40 ribu per kilogram!

Kenaikan harga tomat ini bagaikan badai yang menerjang hampir semua pasar tradisional di Denpasar, seperti Pasar Badung, Pasar Kumbasari, dan Pasar Cokroaminoto. Para pembeli pun dibuat pusing tujuh keliling dengan harga yang melambung tinggi ini.

Made Puri, salah satu pedagang di Pasar Badung, menuturkan bahwa harga tomat sudah naik sejak satu minggu lalu. Ia pun terpaksa menjual tomat dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 30 ribu per kilogram untuk ukuran kecil, Rp 33 ribu per kilogram untuk ukuran sedang, dan Rp 38 ribu per kilogram untuk ukuran besar.

Menurut Made Puri, kenaikan harga ini disebabkan oleh gagal panen di sejumlah lahan petani akibat hujan angin. Hal ini mengakibatkan penurunan stok tomat di pasaran secara signifikan.

"Biasanya ada 10 mobil pemasok yang datang, sekarang hanya 3 mobil. Katanya tanaman tomat di lahan petani banyak yang rusak akibat hujan angin," ungkap Made Puri, Jumat (22/3/2024).

Tak hanya harga tomat yang naik, Made Puri juga mengeluhkan biaya ongkos pengiriman yang semakin mahal. "Kalau ambil tomat dari pemasok, kami harus bayar Rp 10.000 per suun. Kalau dari (Jalan) Gunung Raung, biayanya Rp 20.000 per suun," paparnya.

Di Pasar Cokroaminoto, harga tomat bahkan lebih mengerikan, mencapai Rp 40 ribu per kilogram! Kenaikan ini sudah terjadi sejak dua minggu lalu dan penyebabnya masih menjadi misteri.

Salah satu pedagang, Komang, mengaku kaget saat mengetahui harga tomat melonjak tinggi setelah dua hari menutup tokonya.

"Saya kaget sekali waktu tahu harga tomat naik. Dua hari lalu masih normal, tapi sekarang sudah melambung tinggi," keluh Komang.

Kenaikan harga tomat ini bagaikan pisau bermata dua, baik pedagang maupun pembeli merasakan dampaknya. Diharapkan situasi ini dapat segera diatasi agar harga tomat kembali normal dan senyuman kembali menghiasi wajah para pecinta tomat.

Normalnya, harga tomat di Pasar Badung berkisar antara Rp 14.000 hingga Rp 16.000 per kilogram. Bahkan saat musim panen raya, harga tomat bisa anjlok di bawah Rp 10.000 per kilogram.

Bagaimana, masih berminat makan tomat dengan harga fantastis ini? *ol4

Komentar