nusabali

Genah Pangabenan Santha Swarga Bakal Miliki Genah Nyekah, Seluruh Upacara Bisa di Satu Kawasan

  • www.nusabali.com-genah-pangabenan-santha-swarga-bakal-miliki-genah-nyekah-seluruh-upacara-bisa-di-satu-kawasan
  • www.nusabali.com-genah-pangabenan-santha-swarga-bakal-miliki-genah-nyekah-seluruh-upacara-bisa-di-satu-kawasan

Sebagai genah pengabenan, Santha Swarga tidak melayani kremasi melainkan upacara ngaben sesuai tata caranya, hanya saja rangkaiannya dilaksanakan di satu tempat

DENPASAR, NusaBali
Genah Pangabenan Santha Swarga, Desa Adat Denpasar, bakal memiliki genah nyekah permanen. Rangkaian upacara ngaben hingga nyekah bakal lebih efisien di dalam satu kawasan.

Setelah sukses mengelola genah pengabenan yang membantu masyarakat melaksanakan upacara pitra yadnya, Santha Swarga yang berlokasi di Setra Bugbug, Setra Agung Badung ini mengembangkan lokasi untuk atma wedana atau nyekah. Upacara parisudha gumi (pembersihan) lahan seluas sekitar 20 meter x 12 meter di utara genah pangabenan yang telah berdiri sebelumnya telah dilakukan pada, Selasa (19/3). 

Kata Pengelola Santha Swarga, Jero Mangku Nyoman Sudarja,60, pembangunan genah nyekah ini diperkirakan mulai April 2024. Namun, hal ini tergantung dinamika di internal Pemkot Denpasar. Sebab, Desa Adat Denpasar hanya menerima bangunan jadi. "Genah nyekah atau Bale Payadnyan dan Pamiosan itu akan dibuat permanen sehingga dari ngeseng, ke segara hingga nyekah itu lebih mudah," kata Mangku Sudarja ketika dihubungi pada, Rabu (20/3). Selama ini, krama yang memilih paket ngaben hingga nyekah harus ke geriya brahmana untuk melaksanakan atma wedana. 

Perlu persiapan di tiga tempat berbeda setelah ngeseng sawa di genah pengabenan, ngayud ke Segara Sanur, dan nyekah di geriya. Jika genah nyekah ini sudah siap digunakan, krama dapat langsung menggelar nyekah usai ngeseng di genah pengabenan dan ngayud ke Segara Sanur. "Sebelumnya, kami istilahnya meminjam genah nyekah di beberapa geriya seperti Geriya Gana, Geriya Tasik, dan lain-lain. Nanti, kami tidak lagi meminjam genah dengan memanfaatkan genah nyekah permanen ini," jelas Mangku Sudarja yang juga pamangku aktif di Pura Tambang Badung ini. 

Dengan adanya genah nyekah ini, Mangku Sudarja memastikan belum akan ada kenaikan harga paket komplet ngaben-nyekah-ngalinggihang ring rong tiga. Harga paket komplet ini masih senilai Rp 35 juta. Sudah termasuk unen-unen nyegara gunung. Untuk diketahui, Genah Pangabenan Santha Swarga yang terletak di Jalan Gunung Batukaru Nomor 2, Pemecutan, Denpasar Barat ini sudah beroperasi sejak tahun 2022 lalu. Sebagai genah pangabenan, Santha Swarga tidak melayani kremasi melainkan upacara ngaben sesuai tata caranya. 

Sebagaimana ngaben pada umumnya, begitu pula sesaji dan tata cara yang diterapkan di Santha Swarga. Hanya saja, rangkaian ngaben dilaksanakan di satu tempat mulai dari nyiramin sampai ngeseng. Santha Swarga menawarkan beberapa paket upacara yang termasuk pitra yadnya ini, salah satunya paket komplet dari ngaben-ngayud-nyekah hingga ngalinggihang di rong tiga. Biayanya pun diklaim jauh lebih hemat daripada melaksanakan upacara sendiri. 7 ol1

Komentar