nusabali

Sekda Adi Arnawa Hadiri Puncak Karya Pediksan di Griya Gede Sembung

  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-puncak-karya-pediksan-di-griya-gede-sembung
  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-puncak-karya-pediksan-di-griya-gede-sembung
  • www.nusabali.com-sekda-adi-arnawa-hadiri-puncak-karya-pediksan-di-griya-gede-sembung

MANGUPURA, NusaBali.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri puncak karya Pediksan Ida Bagus Made Suwabawa dan Ida Ayu Sri Adnyani dari Griya Gede Sembung, Kecamatan Mengwi pada Soma Wage Medangsia, Senin (18/3).

Sebagai wujud dukungan Pemkab, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 100 juta dan diterima langsung oleh manggala karya Ida Bagus Nyoman Surya Dana.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari Dinas Kebudayaan Badung, Ketua PHDI Badung I Gede Rudia Adiputra, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Sembung I Ketut Sukerta, serta undangan lainnya. 

Pada puncak karya Pediksan yang berlangsung khidmat ini juga turut diserahkan Surat Keputusan oleh Ketua PHDI Badung. Welaka Ida Bagus Made Suwabawa dan Ida Ayu Made Sri Adnyani yang sudah sah menjadi Ida Sulinggih dengan nama abhiseka Ida Pedanda Gede Kemenuh  dan Ida Pedanda Istri Sri Utari. 
 
Sekda Adi Arnawa mengatakan, pihaknya sangat bangga dan bahagia sekali dapat hadir sekaligus sebagai upasaksi dalam puncak karya pediksan Ida Bagus Made Manubawa dan Istri Ida Ayu Sri Adnyani di Griya Gede Sembung. Sekda Adi Arnawa juga menjelaskan, Upacara Pediksan merupakan upacara yang bermakna lahir untuk kedua kalinya (reinkarnasi) sebagai seorang sulinggih

“Seseorang yang telah melalui proses tata upacara madiksa inilah yang mempunyai wewenang luas dan lengkap dalam pelaksanaan dan menyelesaikan berbagai upacara yadnya,” ujarnya.
 
Lanjutnya, setelah melalui pediksan, Sulinggih patut melaksanakan Catur Bandana Dharma sebagai tuntunan keseharian yang dilakukan seseorang yang telah menyucikan diri yaitu Amari Wesa atau tata cara menggunakan busana, Amari Sesana (beretika), Amari Aran (berubah nama) dan Amari Laksana (bertingkah laku). 

“Semoga Sulinggih selalu mendoakan dan ngrastiti agar masyarakat dan jagat Badung selalu diberikan keselamatan serta pelaksanaan karya ini dapat berjalan dengan lancar labda karya sida sidaning don," harap Sekda Adi Arnawa.
 
Sementara Prawartaka Karya, Ida Bagus Nyoman Surya Dana mengungkapkan, rangkaian karya mediksa sudah dilaksanakan sejak tanggal 10 Januari 2024 dengan paguneman Guru Nabe, Guru Waktra dan Guru Saksi. Dilanjutkan dengan Upacara Diksa Pariksa pada tanggal 3 Maret 2024 lalu. Puncak Karya diawali dengan Pemendak Guru Nabe dan upacara Padiksan tanggal 18 Maret 2024. @ind

Komentar