nusabali

Polsek Dentim Gelar Minggu Kasih dan Jaga Upacara Pengerebongan

  • www.nusabali.com-polsek-dentim-gelar-minggu-kasih-dan-jaga-upacara-pengerebongan

DENPASAR, NusaBali - Aparat Polsek Denpasar Timur (Dentim) gelar Minggu Kasih bersama para kepala dusun (kadus) se–Desa Kesiman Petilan dan Jero Mangku Pura Desa lan Puseh Desa Adat Kesiman, di Bale Pesandekan Pura Desa lan Puseh Desa Adat Kesiman, Jalan Sulatri, Kesiman Petilan, Denpasar Timur.

Pada hari yang sama, aparat Polsek Dentim juga turut mengamankan prosesi upacara Pengerebongan di Pura Agung Petilan, Desa Adat Kesiman, Jalan WR Supratman, Denpasar Timur pada Redita Pon Medangsia, Minggu (17/3).

Minggu Kasih adalah inisiatif dari kepolisian untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dan memberikan platform bagi warga untuk menyampaikan aspirasi serta keluhan terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar lingkungan mereka. Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Binmas Iptu I Nyoman Sujana.

Berbagai isu terkait keamanan dan ketertiban dibahas. Mulai dari upaya pencegahan kriminalitas hingga langkah-langkah konkret dalam meningkatkan keamanan lingkungan. Salah satu yang menjadi fokus warga yang disampaikan dalam forum ini adalah tentang peningkatan tindak kriminalitas di wilayah Denpasar Timur. Para kadus menyampaikan keprihatinan mereka mengenai situasi tersebut, termasuk aksi pencurian, perilaku mabuk-mabukan, dan pertikaian yang semakin sering terjadi.

Menyikapi hal ini, Iptu Sujana mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam upaya meningkatkan keamanan lingkungan. Dia menegaskan bahwa kepolisian akan meningkatkan patroli preventif bekerja sama dengan Linmas dan pecalang.

“Kami akan melakukan peningkatan patroli sebagai langkah preventif atau pencegahan, yang akan kami lakukan bekerja sama dengan Linmas dan pecalang. Patroli ini akan kami lakukan di zona-zona rawan dan jam-jam tertentu,” tandasnya.

Polsek Dentim bersinergi dengan TNI, Pecalang Desa Adat Kesiman juga fokus memastikan keamanan dan kelancaran prosesi upacara Pengerebongan di Pura Agung Petilan. Antisipasi maksimal dilakukan untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan memastikan keselamatan pengguna jalan yang melewati lokasi upacara.

Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Darsana, menyatakan kegiatan Pengerebongan juga menjadi fokus utama aparat Polsek Dentim karena berlangsung di jalur arus lalu lintas yang padat, yang juga menutup salah satu jalan utama di Kota Denpasar. Oleh karena itu, diperlukan antisipasi maksimal untuk mencegah penumpukan arus lalu lintas yang berpotensi mengganggu kelancaran acara dan kenyamanan masyarakat. 7 cr79

Komentar