nusabali

Kabel Kendor Ancam Keselamatan Pengguna Jalan

  • www.nusabali.com-kabel-kendor-ancam-keselamatan-pengguna-jalan

GIANYAR, NusaBali - Hujan deras disertai angin kencang membuat kabel jaringan kendor. Kondisi ini mengancam keselamatan pengguna jalan. Jika tidak hati-hati, pengendara bisa tersangkut kabel. Kabel kendor terjadi di beberapa titik di wilayah Gianyar. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta, seizin Kalak BPBD mengatakan, selama menangani dampak bencana cuaca ekstrem seperti pohon tumbang dan tanah longsor juga sering menemukan kabel kendor.

Masyarakat juga sering melaporkan adanya kabel melintang di tengah jalan karena tertimpa dahan pohon ataupun tiang penyangga kabel yang sudah keropos. Setiap identifikasi, kabel yang melintang merupakan jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi. 

Jika kabel milik PLN kendor, BPBD langsung menghubungi PLN karena telah ada komunikasi yang baik. Jika kabel jaringan wifi yang kendor, BPBD sulit mencari pemiliknya. “Untuk kabel jaringan wifi kami belum bisa lakukan komunikasi. Providernya banyak, swasta juga banyak memasang kabel jaringan,” ungkap Ngurah Dibya, Minggu (17/3). 

Jika membahayakan, BPBD mengambil tindakan dengan melakukan pemotongan untuk merapikan kabel-kabel melintang. Sebagai informasi, menurut pakar hukum, jika kabel ini mengakibatkan bahaya bagi orang lain terutama pengendara  motor atau mobil dan ada korban jiwa dapat dijerat pasal 359 atau 360 KUHP karena lalainya mengakibatkan korban meninggal dunia atau luka berat, diancam hukuman 5 tahun penjara. 

“Subjek hukum dari kasus tersebut adalah pemilik atau pengelola kabel itu sendiri. Mari saling mengingatkan untuk selalu waspada. Ini juga bisa jadi kajian untuk BUMN dan pihak pengelola bahwa bila terjadi efek membahayakan perlu tindakan prioritas,” ujar sumber. 7 nvi

Komentar