nusabali

PLN Bali Siagakan Ratusan Personel dan Pastikan Cadangan Daya 40% untuk Idul Fitri

  • www.nusabali.com-pln-bali-siagakan-ratusan-personel-dan-pastikan-cadangan-daya-40-untuk-idul-fitri

DENPASAR, NusaBali.com - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali memastikan keandalan pasokan listrik dan kecukupan energi primer selama libur Idul Fitri 1445 H dengan menyiapkan beberapa program strategis.

"Daya mampu kelistrikan di Bali pada Idul Fitri 2024 diprediksi mencapai 1.371 mega watt (MW) dengan beban puncak 822 MW. Dengan begitu, cadangan listrik di Bali masih ada sekitar 549 MW atau 40 persen," ujar General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana, saat Apel Siaga Pasukan menyambut Idul Fitri 1445 H di Kantor PLN UID Bali, Sabtu (6/4/2024).

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik, PLN UID Bali akan menerjunkan 657 personel yang tersebar di 69 posko siaga dan 3 posko mudik lebaran di seluruh kabupaten/kota di Bali. Posko ini telah beroperasi sejak tanggal 3 April dan akan siaga hingga 19 April 2024.

Para personel dilengkapi dengan peralatan dan armada pendukung, seperti  Uninterruptible Power Supply (UPS) mobile dan portable, Unit Gardu Bergerak (UGB), Unit Kabel Bergerak (UKB), genset, kendaraan pendukung termasuk kendaraan pelayanan teknik dan kendaraan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PdKB), serta material cadangan. 

Selain itu, PLN juga hadir di setiap titik kegiatan prioritas masyarakat, seperti tempat ibadah, pelabuhan, bandara, stasiun, terminal, rumah sakit, dan obyek vital lainnya.

“PLN juga memastikan secara end to end. Pasokan energi primer setiap pembangkit, dalam kondisi di atas angka aman. Hari operasi (HOP) Batu bara pembangkit rata-rata di atas 16 HOP, begitu juga dengan gas dan BBM dalam kondisi aman,” kata dia

Dukungan untuk Kendaraan Listrik

I Wayan Udayana menyampaikan bahwa pihaknya juga akan membuat kebijakan strategis untuk mendukung operasional kendaraan listrik. Dalam hal ini, PLN UID Bali sudah menyediakan 76 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 30 lokasi di Bali. 

Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya, bisa mengecek lokasi SPKLU tersebut dengan aplikasi PLN Mobile, dengan cara membuka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. Di situ akan ditampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik.

Cara lainnya,  pengguna kendaraan listrik dapat menghubungi hotline 087771112123. *ol4

Komentar