nusabali

BPBD Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-pangkas-pohon-berpotensi-tumbang

GIANYAR, NusaBali - Tim Pengelola Risiko Bencana BPBD Kabupaten Gianyar melakukan pemangkasan pohon di kawasan Pura Dalem Tenggaling, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Senin (22/4) siang.

Pemangkasan sebagai upaya pencegahan karena saat ini sering turun hujan. Kepala Pelaksana BPBD Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, mengatakan BPBD tidak saja fokus pada penanganan bencana juga melakukan upaya mitigasi atau pencegahan. 

Salah satunya dengan pemangkasan pohon yang berpotensi membahayakan. Pemangkasan menyasar pohon ancak dengan ketinggian 5 meter diameter 40 cm, pohon kuang setinggi 12 meter, dan pemangkasan pohon mangga dengan ketinggian 10 meter. 

Pemangkasan dilakukan dengan merampingkan ranting yang rimbun. Di hari yang sama, BPBD Gianyar juga melakukan asesmen bencana tanah longsor yang menutupi aliran irigasi di Lingkungan Subak Dukuh Pinjul, Desa Kendran, Kecamatan Tegallalang. 

Tidak ada korban jiwa dari musibah ini. Ketebalan material longsor diperkirakan sekitar 6 meter. “Pembersihan belum bisa dilakukan karena kondisi tanah yang labil,” jelas Ida Bagus Suamba. 7 nvi

Komentar