nusabali

Tanah Ampo Kini Punya Bengkel Mesin Kapal, Program 'Pertamina Sahabat Nelayan' di Karangasem

  • www.nusabali.com-tanah-ampo-kini-punya-bengkel-mesin-kapal-program-pertamina-sahabat-nelayan-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali.com - Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Manggis dan PT Pertamina Lubricants bersama dengan KUB Nelayan Tanah Ampo meresmikan bengkel perbaikan mesin kapal di Tanah Ampo, Kabupaten Karangasem pada Rabu (6/3/2024).

Program 'Pertamina Sahabat Nelayan' di Desa Ulakan, Kecamatan Manggis ini menghadirkan bengkel untuk membantu nelayan memperbaiki dan merawat mesin kapal mereka dengan lebih mudah dan efisien.

Sebelumnya, nelayan harus menempuh jarak 12 km ke Kusamba, Klungkung untuk memperbaiki mesin kapal mereka. 

"Setiap kali mesin kami rusak, kami selalu bawa mesin ke Kusamba di Klungkung yang jaraknya 12 km. Melepas mesin kapal lalu membawanya dengan sepeda motor ke Kusamba. Namun setelah adanya bengkel nelayan ini, kami sangat terbantu, kami hanya tinggal menyadarkan kapal kami dan menghemat pengeluaran kami juga,” ujar Komang Gelgel, nelayan Tanah Ampo.

Kini bukan hanya nelayan Tanah Ampo saja yang dimudahkan, namun nelayan di wilayah Karangasem juga bisa memanfaatkan keberadaan bengkel tersebut. 

Menariknya, mereka yang menjalankan bengkel mesin kapal ini adalah para nelayan Tanah Ampo sendiri. Sebab, keterampilan para nelayan yang dijaring dari empat KUB (Kelompok Usaha Bersama) ini sudah mumpuni. Diketahui pada November hingga Desember lalu, sebanyak 10 nelayan setempat sudah mendapatkan pelatihan dari Pertamina. 

Pelatihan pada akhir tahun lalu itu bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Karangasem, memberikan keterampilan soal teknik perawatan mesin diesel secara berkala hingga overhaul engine.

Selain pelatihan keterampilan perbengkelan mesin kapal, Pertamina juga memberikan modal usaha kerja berupa toolkits, hingga akhirnya meresmikan workshop bengkel sahabat nelayan.


"Dengan adanya kolaborasi ini, harapan kami dari Pertamina, kesejahteraan nelayan di Tanah Ampo bisa meningkat terutama peningkatan pendapatan rumah tangga para nelayan. Keberadaan bengkel Pertamina Sahabat Nelayan Tanah Ampo ini tidak hanya bisa memudahkan nelayan Tanah Ampo tetapi juga memudahkan nelayan-nelayan di Karangasem untuk memperbaiki dan merawat mesin kapal mereka," ujar Ahad Rahedi, Area Manager Comm., Rel, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus.

Pertamina Sahabat Nelayan dibangun dengan mempertimbangkan komitmen ESG Pertamina Go Sustainable dan menyasar prioritas 1 dan 8 dari Sustainable Development Goals (SDGs), yakni Menghapus Kemiskinan, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Karena itu Pertamina juga berkomitmen untuk mendorong terbentuknya kelompok nelayan yang mandiri dengan meningkatkan keterampilan mereka dalam memperbaiki mesin kapal.

"Dengan keterampilan tersebut kami berharap para nelayan mampu membuka peluang baru untuk meningkatkan perekonomian di Tanah Ampo," harap Ahad.

Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem, Kepala Balai Latihan Kerja Karangasem, Perbekel Desa Ulakan, Bendesa Tanah Ampo, dan 4 KUB Nelayan Tanah Ampo.

"Sampai saat ini, kami belum pernah menerima bantuan seperti ini untuk nelayan kami. Dengan hadirnya Pertamina membantu nelayan kami, amat sangat membantu masyarakat yang hasil akhirnya tentunya akan membantu meningkatkan perekonomian kami,” ujar 
I Ketut Sumendra, Perbekel Desa Ulakan, memberikan apresiasinya pada Pertamina.




Komentar