nusabali

Pemudik Pilih BBM Berkualitas, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%, Dex Series 8,4%

  • www.nusabali.com-pemudik-pilih-bbm-berkualitas-konsumsi-pertamax-series-naik-263-dex-series-84

DENPASAR, NusaBali.com - Musim mudik Lebaran 2024 menunjukkan tren menarik terhadap konsumsi BBM di wilayah Jatimbalinus. Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mencatat kenaikan signifikan pada konsumsi BBM Pertamax Series dan Dex Series selama periode arus mudik 25 Maret - 11 April 2024.

Dibandingkan dengan konsumsi normal harian, Pertamax Series mengalami kenaikan 26,3%, sedangkan Dex Series naik 8,4%. Angka ini jauh melampaui prediksi awal, yaitu 13,5% untuk Pertamax Series dan 5,9% untuk Dex Series.

"Setiap momen festive season dan long weekend konsumen cenderung memilih BBM berkualitas karena takut kendaraannya bermasalah di tengah jalan," ujar Ahad Rahedi, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Jumat (12/4/2024).

Puncak konsumsi tertinggi terjadi pada Sabtu (6/4/2024) dengan kenaikan Pertamax Series sebesar 26,8%. Diprediksi puncak kedua akan terjadi pada Minggu (14/4/2024) saat arus balik Lebaran.

Ahad menambahkan, meskipun kondisi rest area di wilayah lain padat dan bahkan ada yang ditutup, SPBU di Jatimbalinus relatif lengang. Hal ini berkat penggunaan Modular Kiosk (Dispenser Portable) dan sosialisasi pembayaran cashless.

"Kami akan siaga dan mengencangkan ikat pinggang pada momen arus balik. Stok BBM dan LPG sudah kita pertebal hingga 30% lebih," kata Ahad.

Ia mengimbau masyarakat untuk mengisi BBM full tank di titik awal dan menggunakan pembayaran cashless untuk mempercepat antrian.

Secara nasional, konsumsi Gasoline (bensin) naik 46%, sedangkan Gasoil (solar) turun 37% dibandingkan konsumsi normal harian. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan periode perjalanan truk logistik umum.

"Kenaikan tertinggi gasoline terjadi pada produk Pertamax turbo yang mencapai 104%," kata Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga.

Pertamina terus mengimbau masyarakat untuk mengakses Call Centre Pertamina di nomor 135 jika menemukan kendala terkait BBM dan LPG di lapangan. Informasi resmi layanan Pertamina Patra Niaga juga dapat diakses melalui akun media sosial @pertaminapatraniaga dan @patraniaga.jatimbalinus.

Komentar