nusabali

Hari Ini, Dinilai dan Langsung Dipawaikan

Tabanan Gelar Lomba Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-hari-ini-dinilai-dan-langsung-dipawaikan

TABANAN, NusaBali - Pemkab Tabanan menggelar Lomba Ogoh-ogoh serangkaian perayaan Nyepi tahun 2024. Penilaian telah selesai dilakukan di Panggung Garuda Wisnu Kencana (GWS), Tabanan, Jumat (22/2). Usai dinilai, Ogoh-ogoh peserta lomba tersebut akan dipawaikan Sabtu (23/2) ini.

Pawai dengan mengambil rute di seputaran Kota Tabanan. Selama pawai arus lalulintas bakal ditutup total. 

Lomba ini diikuti Ogoh-ogoh dari 12 desa dinas di Kecamatan Tabanan. Lomba masih difokuskan di Kecamatan Tabanan karena masih sebagai pilot project lomba. 

Pejabat Fungsional Ahli Muda Bidang Adat Dinas Kebudayaan Tabanan Gede Nyoman Sugiarta mengatakan desa dinas yang terlibat dalam lomba ini sebagai pilot project untuk cerminan pelaksanaan lomba tahun mendatang.

Selain 12 desa dinas yang terlibat, kata dia, ada juga melombakan Ogoh-ogoh mini dari TK di tiga desa wilayah Kecamatan Tabanan. "Penilaian lomba dan pemenangnya sudah diumumkan sudah dilakukan tadi (kemarin)," ujarnya. 

Disebutkan, selain mengumumkan juara I, II, dan III, panitia juga mencanangkan kategori juara favorit, kategori unik, dan kategori kreatif. Penilaian ini oleh juri kehormatan terdiri dari Bupati Tabanan, Ketua DPRD Tabanan dan Ketua Pengadilan Tabanan. "Pengumuman ini akan dilakukan besok (Sabtu ini) serangkaian dengan kegiatan pawai," jelasnya. 

Jelas Sugiarta, sesuai rencana panitia, ketika Ogoh-ogoh telah dinilai akan dilakukan pawai dengan start mulai dari Panggung GWS menuju seputaran wilayah Kota Tabanan. "Usai pawai, Ogoh-ogoh akan dipajang di Panggung GWS sampai dengan tanggal 26 Februari nanti," beber Sugiarta. 

Dia menambahkan dalam lomba ini mereka yang terlibat diberikan dana masing-masing Rp 20 juta. Jika menang dalam lomba, maka akan mendapatkan dana pembinaan. "Jumlah dana pembinaan berbeda sesuai dengan juara yang didapatkan," tandasnya. 

Untuk diketahui, pemenang Juara I diberikan dana pembinaan Rp 10 juta, juara II Rp 7 juta, dan juara III 5 Rp juta. Sementara untuk pemenang juara favorit, unik, dan kreatif mendapat hadiah masing-masing Rp 5 juta. 

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan  Tabanan I Made Murdika mengatakan selama pawai tersebut bakal dilakukan pengalihan arus lalulintas. Jalan ditutup total mulai pukul 15.00 Wita sampai selesai. "Dalam pengamanan pawai atau pengaturan lalulintas, kami terjunkan 30 personal bekerja sama dengan pihak polisi," jelasnya. 

Rute parade ini dimulai dari star timur Gedung Maria, menuju jalan Gunung Agung, ke jalan Gunung Semeru, menuju Jalan Gajah Mada ke Jalan Gelatik, dan finis di barat Jalan Gedung Maria. Kendaraan yang datang dari Penebel dialihkan melalui Jala Danau Toba, kemudian dari arah barat yang menuju jalan parkir dialihkan melalui Jalan Kaswari, menuju simpang Lapas menuju ke Jalan Danau Toba. 

Sedangkan arus dari arah timur di Jalan Pahlawan dilakukan buka tutup sampai di depan Kantor PMK Tabanan. Jalan Kaswari disisi barat digunakan sebagai kantong parkir pengunjung.7des

Komentar