nusabali

Satpol PP Jaga Kenyamanan Objek Wisata

  • www.nusabali.com-satpol-pp-jaga-kenyamanan-objek-wisata

BANGLI, NusaBali - Satpol PP Bangli menerjunkan personel di kawasan pariwisata. Keberadaan petugas ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Kepala Satpol PP Bangli Dewa Agung Suryadarma mengatakan upaya itu sesuai penekanan dari Pemprov Bali. Pemprov mengharapkan ada personel Satpol PP khusus bertugas guna mendukung kenyamanan kunjungan pariwisata.

Kata dia, di Bangli sebelumnya sudah melaksanakan hal tersebut. Satpol PP berkomitmen memberikan keamanan, kenyamanan kepada seluruh wisatawan yang datang ke Bangli. Caranya, dengan berpatroli sekaligus membantu dinas terkait untuk menjaga citra pariwisata. "Kami ingin menjamin dalam pengelolaan objek wisata, tidak terjadi hal-hal negatif. Seperti pemerasan dan lainnya. Sehingga kami perlu hadir untuk melakukan pengawasan terhadap objek yang masih dikelola oleh kelompok-kelompok untuk mengindari pungutan liar dan lain sebagainya," ungkapnya.

Agung Suryadarma menyebutkan Satpol PP secara rutin berpatroli, pengawasan termasuk juga membantu dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Seperti di pos retribusi di objek wisata. Pejabat asal Kecamatan Susut Bangli, ini mencontohkan pengawasan dilakukan di kawasan Kintamani. Petugas Satpol PP bertugas sejak pukul 08.00 Wita - 16.00 Wita.

Menurut Agung Suryadarma ada 16 orang yang bertugas yang dibagi dalam sistem tahap. Diakui, jam – jam malam di kawasan wisata di Bangli belum banyak kegiatan. "Untuk saat ini kunjungan masih sebatas melihat objek sejak pagi sampai sore. Untuk jam malam belum terlalu banyak kegiatan," sebutnya.

Dia mengharapkan, kehadiran petugas Satpol PP memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada wisatawan. Tentu hal ini akan dapat memberikan citra positif terhadap objek wisata di Bangli. Terlebih saat ini di Kintamani menjadi objek wisata yang terkenal.

"Kegiatan pengamanan Satpol PP khusus di kawasan wisata sepertyi ini, secara tak langsung tentu dapat meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah)," ujarnya. 7esa

Komentar