nusabali

Kapolres Jembrana Luncurkan 'Siulan Murai Batu'

  • www.nusabali.com-kapolres-jembrana-luncurkan-siulan-murai-batu

NEGARA, NusaBali - Serangkaian mencairkan suasana jelang Pemilu 2024, Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto menggelar Lomba Burung Berkicau Piala Kapolres Jembrana Tahun 2024, Minggu (28/1). Lomba di halaman Mapolres Jembrana ini diramaikan ratusan peserta lokal hingga luar Bali. Lomba ini juga dijadikan momen oleh Kapolres meluncurkan motto Layanan SPKT 'Siulan Murai Batu'.

Pembukaan lomba burung berkicau dengan tema Cooling System Pemilu Damai, itu ditandai dengan pelepasan burung ke alam liar. Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba, pihak dari KPU Jembrana dan Bawaslu Jembrana. Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto mengatakan, kegiatan lomba burung berkicau ini menjadi upaya cooling sistem jelang Pemilu. Di samping itu juga dalam rangka mempererat kemitraan antara Polri dengan masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan kehangatan yang ada di tahun ini tidak membuat sebuah perpecahan dalam persaudaraan kita. Untuk itu kami menginisiasi mengadakan lomba burung berkicau harapannya tentu sebagai ajang silaturahmi," kata AKBP Endang.

Kapolers AKBP Endang bersama Bupati Tamba juga melaunching motto Layanan SPKT 'Siulan Murai Batu'. AKBP Endang menjelaskan, motto Siulan Murai Batu itu adalah singkatan dari Sistem Unit Layanan Mudah, Ramah, Inklusif, Biaya Akuntabel, dan Tanpa Upeti. "Dengan motto 'Siulan Murai Batu' ini, tentu harapannya untuk memudahkan masyarakat menerima layanan dari Polri," ucap AKBP Endang.

Bupati Tamba menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto atas idenya menggelar lomba burung berkicau dalam rangka menjaga Pemilu Damai di Jembrana. Melalui event itu, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk ikut serta dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, tertib, sejuk, dan damai. "Kita mesti implementasikan senyata-nyatanya apa yang dimaksud dengan Pemilu Damai yang akan kita laksanakan tanggal 14 Februari mendatang," ucap Bupati Tamba.

Ketua Panitia Lomba Burung Berkicau Piala Kapolres Jembrana Tahun 2024 I Wayan Arinata melaporkan, bahwa lomba burung berkicau ini diselenggarakan Polres Jembrana yang bekerjasama dengan BnR Provinsi Bali. "Lomba burung berkicau ini diikuti oleh peserta kicau mania yang berasal dari Kabupaten Jembrana dan juga dari Kabupaten lain di seluruh Bali. Termasuk ada dari luar Bali yang kami estimasi mencapai 500 peserta," ungkap Arinata.

Arinata menjelaskan, Lomba Burung Berkicau Piala Kapolres Jembrana Tahun 2024 ini diikuti oleh berbagai jenis burung berkicau, mulai dari cucak hijau, kacer, murai batu, lovebird, dan lainnya. Lomba tersebut dibagi menjadi beberapa kelas, mulai umum hingga kelas pemula. "Peserta yang berhasil meraih juara pertama di masing-masing kelas akan mendapatkan piala, uang pembinaan, dan sertifikat," ujar Arinata.7ode

Komentar