nusabali

Mei, Siswi SMPN 1 Selat ke FTBI Nasional

  • www.nusabali.com-mei-siswi-smpn-1-selat-ke-ftbi-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Siswi kelas VIII/C SMPN 1 Selat, Ni Made Risna Adriani, juara Lomba Ngawi Cerpen Berbahasa Bali Tingkat SMP, yang dilaksanakan Balai Bahasa Provinsi Bali, dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Bali 2023, bersiap ke FTBI Tingkat Nasional 2 Mei 2024.

Siswi ini telah menjalani pembinaan, baik di tingkat kabupaten maupun di Provinsi Bali. ‘’Awalnya jadwal lomba pada Januari. Ternyata diundur jadi 2 Mei 2024. Tahun lalu lomba dilaksanakan 12-16 Februasri 2023," jelas Kasek SMPN 1 Selat I Nengah Sikiarta di ruang kerjanya, Banjar Gede, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Kamis (25/1).

Kata Sikiarta, pembinaan juga intensif berlangsung di sekolah, di bawah bimbingan I Made Artana guru mata pelajaran bahasa Bali dan pengawas SMP I Dewa Gede Adnyana. Risna Adriani, jelas Sikiarta, menjadi satu-satunya harapan SMPN 1 Selat, berlaga di tingkat nasional membawa nama Bali. Berharap menorehkan prestasi optimal.

Terlebih lagi lomba tersebut merupakan kesempatan terbaik, belum tentu terulang di tahun-tahun mendatang. Sebab, untuk mencari siswa berbakat di bidang sastra Bali, terbilang langka. Bakat Risna Adriani katanya, terlihat sejak kelas VII, ikut ekstrakurikuler sastra Bali, yang bertujuan untuk mengembangkan budaya Bali, baik matembang, nyurat aksara Bali, masatua Bali dan membuat cerpen berbahasa Bali.

Sikiarta mengaku kini menanggung beban untuk mencari siswa berbakat di bidang sastra Bali sebagai penerus Risna Adriani. Tujuannya, agar prestasi dari SMPN 1 Selat berkesinambungan. Bukan saja berprestasi bidang sastra Bali, siswi ini juga sebagai bintang kelas. Siswi kelahiran 29 September 2009, asal Banjar Pakudansih, Desa Muncan, Kecamatan Selat, berjanji mengoptimalkan bakat yang dia miliki.

"Saya sudah mempersiapkan diri dengan baik, semoga hasilnya optimal untuk kebanggaan masyarakat Bali," jelas, alumnus SDN 3 Muncan, Kecamatan Selat.

Sebelumnya, berprestasi peringkat kedelapan OSN IPA Tingkat Nasional, dan juara III Lomba Masatua Bali Tingkat Kecamatan Selat. Putri kedua dari 3 bersaudara pasangan I Made Suparwata dan Ni Putu Putri Andari, telah mempersiapkan diri secara teknis. "Persiapan non teknis juga saya lakukan dengan berdoa, jaga kondisi, minta dukungan dan doa dari teman-teman," tambahnya.7k16

Komentar