nusabali

40 UMKM di Pantai Jerman Makin Profesional

Setelah Mendapat Pendampingan dan Pelatihan

  • www.nusabali.com-40-umkm-di-pantai-jerman-makin-profesional

MANGUPURA, NusaBali - Setelah menjalani pelatihan intensif sepanjang 2023, sebanyak 40 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pantai Jerman meraih kesuksesan dengan kemajuan yang signifikan. Acara penutupan program yang bertajuk Family Beach Day & Graduation UMKM berlangsung di area Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Badung pada Minggu (14/1) sore.

Program pemberdayaan komunitas ini merupakan kerja sama Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia dengan mitra program dari Pusat Studi Universitas Pendidikan Nasional (PSU Undiknas) Denpasar, yang juga melibatkan dukungan berbagai pihak baik dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Badung serta pihak lainnya.

Kelian Banjar Segara, Desa Adat Kuta, I Ketut Werka menyampaikan apresiasi atas dedikasi para pelaku UMKM di Pantai Jerman yang telah berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas usaha mereka. “Setelah adanya pelatihan selama satu tahun ini secara signifikan sudah ada hasilnya, sudah sangat luar biasa. Di satu sisi juga penampilan, pelayanan ataupun segala sesuatu yang profesional bisa diterapkan secara perlahan. Ini adalah suatu inovasi atau trobosan untuk memberikan satu pelayanan yang terbaik kepada pengunjung,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara.

Dari total 40 UMKM yang berhasil lulus, 16 di antaranya bergerak dalam sektor kuliner, sementara sisanya berada di sektor pasar seni. Program ini juga dikatakan tidak akan berhenti di sini dan Pantai Jerman dipilih sebagai pilot project pertama. Rencananya, tim dari Undiknas dan pihak lainnya bersama pemerintah akan melanjutkan program serupa ke daerah utara Pantai Kuta.

“Kami percaya bahwa inisiatif ini dapat menjadi dorongan besar untuk pengembangan UMKM di berbagai wilayah. Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana menyambut dengan antusias keberhasilan kegiatan pendampingan UMKM yang telah dilaksanakan selama satu tahun di Pantai Jerman. “Dari Pemkab Badung, kami sangat menyambut baik adanya kegiatan ini, terutama kegiatan pendampingan UMKM. Kita melihat partisipasi aktif dari para pelaku UMKM, baik dari segi perilaku maupun implementasi langsung dari pengetahuan yang diperoleh. Kegiatan ini membantu mereka dalam hal pembukuan, tata krama penjualan, dan manajemen keuntungan,” jelasnya.

Dikatakan, sebelumnya banyak pelaku UMKM hanya fokus pada aspek berjualan tanpa memahami proses manajemen bisnis secara keseluruhan. Dengan adanya kegiatan ini, Widiana mengaku jika para pelaku UMKM kini dapat melibatkan diri dalam proses bisnis secara lebih baik.

“Kami bangga dengan prestasi para pelaku UMKM yang telah menunjukkan peningkatan kualitas usaha mereka. Semoga keberhasilan ini dapat memberikan dorongan bagi pemerintah daerah lainnya untuk menggelar program serupa, seiring dengan semangat pengabdian kepada masyarakat dan pemberdayaan UMKM,” harapnya. 7 ol3

Komentar