nusabali

Pura Goa Lawah Dipercantik dengan Platycerium dan Anggrek

  • www.nusabali.com-pura-goa-lawah-dipercantik-dengan-platycerium-dan-anggrek
  • www.nusabali.com-pura-goa-lawah-dipercantik-dengan-platycerium-dan-anggrek

SEMARAPURA, NusaBali.com - Komunitas Pop Plant Market bersama Panitia Pura Goa Lawah, melaksanakan pelepasbiakan puluhan tanaman hias di lingkungan Pura Goa lawah, Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (13/1/2024) ini merupakan inisiatif dari pihak Panitia  Pura Goa Lawah yang ingin memberikan keindahan serta keasrian di sekitar Pura Goa Lawah. 

Untuk mewujudkan hal itu, pihak Panitia Pura Goa Lawah menggandeng komunitas Pop Plant Market untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

Jenis tanaman hias yang dilepasbiakan dalam kegiatan kali ini adalah tanaman platycerium dan anggrek. Selain memberikan keindahan dan keasrian di lingkungan sekitar pura, kedua tanaman ini juga dinilai sangat aman untuk dikembangkan dan minim risiko merusak tanaman lainnya.

“Tanaman hias yang kita lepas-biakan ini bukan tanaman berbahaya. Jadi, tanaman ini adalah bibit dan hanya menempel di pohon. Ke depannya tidak akan mengganggu habitat tanaman-tanaman lainnya,” kata Putu Gede Wijaya, Koordinator Pop Plant Market.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 14.00 Wita, dimulai dengan sembahyang bersama di pura dan kemudian dilanjutkan dengan pelepasbiakan tanaman. Setidaknya, ada sekitar 70 tanaman hias yang dilepaskan dalam kegiatan tersebut. 
Wijaya dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Panitia Pura Goa Lawah yang sudah mempercayakan pada Komunitas Pop Plant Market untuk ikut ambil bagian menyukseskan kegiatan ini. 

Dalam tubuh organisasinya sendiri, Pop Plant Market juga memiliki dedikasi yang sangat tinggi terhadap upaya memperindah lingkungan pura di Bali. Hal ini ingin menunjukkan bahwa perihal tanaman hias tidak hanya berbicara tentang hobi semata, tetapi perlu berdampak positif kepada masyarakat luas, salah satunya dapat dilakukan dengan kegiatan seperti ini.

“Termasuk bagian movement organic dari komunitas. Ini adalah pura ketiga yang sudah kami hias,” kata Wijaya.

Putu Juliadi, selaku Ketua Panitia Pura Goa Lawah, sangat mendukung kegiatan ini. Dengan kehadiran sejumlah tanaman hias yang sudah dilepasbiakan ini, tentunya akan memberikan warna tersendiri pada area di sekitar lingkungan pura. 

Juliadi mengharapkan, lingkungan pura akan memiliki daya tarik tersendiri tidak hanya dari segi tampilan, melainkan juga mampu memberikan kenyamanan bagi umat yang akan melaksanakan persembahyangan di pura ini.  “Kami akan menjaganya supaya sustainable keasrian Pura Goa Lawah,” pungkas Juliadi.  *ol4

Komentar