nusabali

Angin Kencang, 4 Pohon Tumbang di Karangasem

  • www.nusabali.com-angin-kencang-4-pohon-tumbang-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani 4 pohon tumbang di empat lokasi berbeda, Sabtu (13/1). Pohon tumbang menimpa dua bangunan dan melintang di jalan raya di tiga kecamatan. Semua kejadian telah tuntas tertangani, di bawah koordinasi Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa.

Pohon tumbang jenis akasia dengan panjang 10 meter dan diameter 20 centimeter terjadi di Lingkungan Jasri Kaler, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, pukul 13.50 Wita. Pohon tersebut menimpa rumah warga I Komang Tri Agustawan.

Sementara pohon tumbang dengan panjang 12 meter dan diameter 40 centimeter juga terjadi di Banjar Tiyingtali Kelod, Desa Tiyingtali, Kecamatan Abang, pukul 14.20 Wita. Pohon yang dihempas angin kencang tersebut menimpa dapur milik I Nyoman Yadnya.

Sementara dua kasus lagi pohon tumbang terjadi di Lingkungan Jasri Kaler, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem pukul 15.03 Wita. Pohon jenis perindang menimpa jalan raya Amlapura-Denpasar.  Sementara satu lagi pohon kelapa panjang 15 meter dan diameter 30 centimeter tumbang di Banjar Mumbul, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, menimpa jalan raya. Pohon tersebut dilaporkan tumbang oleh warga Ni Wayan Purnami.

“Semua pohon tumbang telah kami tangani, dengan membagi tugas di empat lokasi,” jelas Kepala BPBD Karangasem, Arimbawa.

Arimbawa mengatakan, walau tidak ada hujan, namun intensitas angin berhembus lebih kencang menyebabkan terjadi pohon tumbang. “Pohon itu rata-rata telah tua, akarnya lapuk sehingga gampang roboh. Mesti berhati-hati memasuki musim hujan, sering terjadi pohon tumbang dan tanah longsor. Musibah itu sulit diprediksi,” jelasnya.

Kata dia, BPBD telah membentuk 10 desa tangguh bencana, yang selama ini memberikan dukungan setiap terjadi musibah.k16

Komentar