nusabali

Bandara Tambah Rute Penerbangan ke Makassar

  • www.nusabali.com-bandara-tambah-rute-penerbangan-ke-makassar

Pada Januari ini Bandara Ngurah Rai juga akan menambahkan rute baru ke Lampung dan penambahan frekuensi penerbangan ke Balikpapan.

MANGUPURA, NusaBali
Rute Makassar menjadi pembuka tambahan rute penerbangan di Bandara Internasional I Gusi Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung pada awal 2024. Pembukaan rute ini menjadi langkah strategis dalam mendukung konektivitas antara Pulau Bali dan Sulawesi, memperkaya pilihan perjalanan bagi masyarakat.

Penerbangan ini dioperasikan oleh maskapai Batik Air, yang akan memberikan layanan langsung setiap hari dengan frekuensi tambahan. Menurut jadwal yang berlaku sejak 11 Januari 2024, penerbangan keberangkatan dari Makassar menuju Bali akan dilaksanakan pukul 05.50 Wita, sementara penerbangan pulang dari Bali ke Makassar dijadwalkan pada pukul 19.15 Wita.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara International I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan sejak Kamis (11/1) Bandara Ngurah Rai resmi melayani penerbangan langsung dari Makassar menggunakan maskapai Batik Air. “Tentunya kami menyambut baik atas dibukanya rute ini dan mendukung operasionalnya,” ucap Handy, Jumat (12/1) siang.

Menurut Handy, rute Makassar telah menjadi salah satu rute domestik tersibuk pada Desember 2023, menempati peringkat ketiga dengan jumlah 48.879 penumpang. Rute tersebut mengikuti peringkat pertama rute Jakarta dengan 486.080 penumpang dan peringkat kedua rute Surabaya 142.781 penumpang.

Dengan beroperasinya Batik Air di rute Makassar, jumlah maskapai yang melayani penerbangan langsung dari dan ke Makassar melalui Bandara Ngurah Rai bertambah. Sebelumnya, maskapai Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air telah melayani rute tersebut. Hal ini mencerminkan tingginya permintaan atau demand pengguna jasa, yang diharapkan akan meningkatkan catatan trafik di bandara ini pada tahun ini.

Handy juga mengatakan jika Bandara Ngurah Rai juga berkomitmen untuk terus memberikan dukungan bagi penerbangan perdana, reaktivasi penerbangan, serta mendorong maskapai untuk memanfaatkan slot-slot penerbangan yang masih tersedia.

“Kami ucapkan selamat untuk Batik Air dengan penerbangan perdananya, semoga terus memberikan layanan terbaiknya. Saat ini kami tengah melakukan koordinasi kepada maskapai agar dapat mendukung pemenuhan rute strategis di Bandara Ngurah Rai dengan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Bandara Ngurah Rai telah melayani 20 rute domestik yang dilayani oleh 11 maskapai. Selain rute Makassar, di bulan Januari ini, Bandara Ngurah Rai juga akan menambahkan rute baru ke Lampung dan penambahan frekuensi penerbangan ke Balikpapan.

“Adapun untuk rute internasional, bandara melayani sebanyak 36 rute dengan 37 maskapai penerbangan. Diperkirakan, Bandara Ngurah Rai dapat melayani 23,6 juta penumpang pada tahun 2024,” kata Handy. 7 ol3

Komentar