nusabali

Bandara Ngurah Rai Tambah Rute ke Kalimantan dan Papua

  • www.nusabali.com-bandara-ngurah-rai-tambah-rute-ke-kalimantan-dan-papua

MANGUPURA, NusaBali - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, kembali mendapatkan tambahan dua rute baru menuju Kalimantan dan Papua. Tambahan rute tersebut masing-masing beroperasi perdana pada (24//11).

Penerbangan perdana tujuan Sorong, Papua, berlangsung pada pukul 02.15 Wita. Dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 868, menggunakan pesawat Boeing 737-800NG berkapasitas 162 tempat duduk. Sementara itu, untuk rute Banjarmasin, Kalimantan, dioperasikan oleh Lion Air dengan nomor penerbangan JT845, tiba di Bandara Ngurah Rai pukul 12.00 Wita.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, mengatakan kegembiraannya atas pembukaan kedua rute ini. Dia menjelaskan bahwa rute Garuda Indonesia menuju Sorong merupakan rute baru, sedangkan rute Banjarmasin oleh Lion Air merupakan reaktivasi dari rute yang telah ada sebelum masa pandemi.

“Dengan hadirnya rute Banjarmasin dan Sorong, Bali semakin terkoneksi dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Harapannya adalah memudahkan pengguna jasa yang akan bepergian menuju Bali maupun sebaliknya,” jelas Handy dalam keterangan pers, Sabtu (25/11).

Menurut Handy, dengan dibukanya rute menuju Sorong, dapat memberikan kenyamanan dari segi waktu tempuh yang relatif lebih singkat. Penerbangan pertama rute Denpasar-Sorong oleh Garuda Indonesia telah dilakukan pada pukul 02.15 Wita dengan nomor penerbangan GA868, mengangkut 109 penumpang atau terpenuhi sebanyak 67 persen load factor.

Lion Air sebagai operator rute Banjarmasin, melakukan pendaratan perdana pada pukul 12.00 Wita dengan nomor penerbangan JT845 membawa 189 penumpang. Lion Air akan mengoperasikan rute ini dengan jadwal empat kali seminggu yakni pada Hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat.

“Artinya dari penambahan rute Garuda Indonesia maupun Lion Air akan menjadi pemicu tambahan angka positif jumlah total penumpang hingga akhir tahun nanti. Untuk itu, saya ucapkan selamat untuk Garuda Indonesia dan Lion Air atas pembukaan rute perdananya, semoga dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan semoga tingkat keterisian penumpang semakin berkembang,” ucap Handy.

Handy menambahkan selaku pengelola bandara akan terus mendukung operasional setiap maskapai yang membuka penerbangan perdana. “Di masa pemulihan sektor aviasi, kami terus mengajak kepada maskapai untuk berkolaborasi guna membuka peluang kerja sama dan pembukaan rute-rute strategis di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, kami siap memberikan support khususnya untuk kelancaran operasionalnya,” tegasnya. 7 ol3

Komentar