nusabali

Bali-India Sudah Terhubung

Maskapai Vistara Layani Penerbangan Delhi-Bali-Delhi Setiap Hari

  • www.nusabali.com-bali-india-sudah-terhubung
  • www.nusabali.com-bali-india-sudah-terhubung

Dibukanya rute penerbangan langsung ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap pariwisata di Bali.

MANGUPURA, NusaBali
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) I memulai babak baru dalam sejarah penerbangan internasional dengan melayani inaugural flight dari maskapai asal India, Vistara, pada Jumat (1/12) siang. Rute penerbangan langsung Delhi-Bali-Delhi ini mencatat sejarah terhubungnya India-Bali melalui direct flight, menggantikan layanan sebelumnya yang tidak langsung.

Penerbangan perdana Vistara, menggunakan pesawat jenis Airbus A321LR dengan nomor penerbangan UK145, mendarat di Bandara Ngurah Rai pada pukul 10.52 Wita, setelah berangkat dari Bandara Indira Gandhi di Delhi pada pukul 01.12 waktu setempat. Dengan kapasitas 185 penumpang, Vistara memulai operasionalnya dengan antusiasme dan optimisme.

“Bali kini terhubung secara langsung dengan India dari maskapai Vistara. Ini pantas dicatat di dalam buku sejarah AP1, rute penerbangan yang lama dinantikan ini akhirnya resmi beroperasi pada hari ini (kemarin),” ujar Direktur Utama API Faik Fahmi, Jumat (1/12) sore.

Dibukanya rute penerbangan langsung ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap pariwisata di Bali. Sebelum pandemi Covid-19, atau tepatnya pada 2019, wisatawan asal India menempati urutan ketiga jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman). Dengan rute penerbangan langsung ini diharapkan akan terjadi peningkatan jumlah wisatawan asal India.

Data Kantor Imigrasi Ngurah Rai mencatat bahwa pada 2019, wisatawan berpaspor India menempati urutan ketiga terbanyak yang dilayani di Bandara Ngurah Rai mencapai 377.543 jiwa atau sekitar 9 persen dari total wisman yang tiba di bandara tersebut.

CEO Vistara Vinod Kannan, menyatakan kegembiraannya menjadi satu-satunya maskapai yang melayani rute penerbangan langsung antara Delhi dan Bali. “Dengan kedekatan hubungan dagang dan budaya antara India dan Indonesia, Bali secara cepat mengalami pertumbuhan menjadi destinasi utama, terutama untuk para pebisnis dan tujuan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition),” ujar Vinod Kannan.

Penerbangan langsung Delhi-Bali-Delhi dijadwalkan beroperasi setiap hari, dengan penerbangan UK145 dari Delhi ke Bali pada pukul 00.30 waktu setempat dan penerbangan UK146 dari Bali ke Delhi pada pukul 12.10 Wita. Dengan pembukaan rute ini, Bandara Ngurah Rai sekarang melayani 37 rute penerbangan internasional.

Vistara, sebagai maskapai penerbangan layanan penuh hasil dari joint-venture Tata Group dan Singapore Airlines telah meraih berbagai penghargaan dan menempati peringkat tertinggi di berbagai lembaga riset maskapai, termasuk di situs Skytrax dan Tripadvisor. “Kami sangat bangga dapat melayani penerbangan langsung rute Delhi-Bali-Delhi yang dioperasikan oleh Vistara. Kami yakin hal ini dapat memberikan dampak positif kepada berbagai pihak dan sektor, utamanya untuk pariwisata di Bali khususnya, dan Indonesia umumnya,” kata Vinod Kannan. 7 ol3

Komentar