nusabali

Pj Bupati Minta 44 TPS3R Optimalkan Kinerja

  • www.nusabali.com-pj-bupati-minta-44-tps3r-optimalkan-kinerja

GIANYAR, NusaBali - Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa beserta jajaran meninjau pengelolaan sampah di TPS3R Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang, Jumat (5/1). Dewa Tagel Wirasa meminta sebanyak 44 TPS3R yang tersebar di masing-masing desa di Kabupaten Gianyar optimalkan kinerja.

Pj Bupati Gianyar dan rombongan disambut Camat Tegallalang Wayan Ari Trisna Handayani, Perbekel Desa Keliki I Ketut Wita, Perangkat Desa, BPD, Kader Kebersihan, dan Ketua BUMDes. 

Pj Bupati Gianyar mengungkapkan, TPS3R harus dikelola dengan baik sehingga memberikan dampak positif dan mampu mencapai sasaran. “Kami berharap pengelolaan dan manajemen TPS3R berjalan dengan baik dan terus berbenah sehingga pengelolaan sampah berbasis sumber ini bisa mencapai sasaran,” ujar Dewa Tagel Wirasa. Pj Bupati mohon dukungan masyarakat berupa kesadaran memilah sampah dan selalu menjaga lingkungan demi keberhasilan mencapai sasaran. 


Dewa Tagel Wirasa akan mengunjungi 44 TPS3R termasuk Puspa Amannya untuk mengetahui kendala-kendala dan kunci sukses dari masing-masing TPS3R. Pj Bupati menegaskan, masalah sampah akan menjadi bom waktu jika tidak ditangani dengan baik. “Beberapa kejadian sudah kita lihat bersama, kemarin di TPA Suwung hampir sebulan lebih ada kebakaran dan tidak bisa ditanggulangi,” jelasnya. 

Kebijakan ke depan, seluruh TPA akan distop. Dewa Tagel Wirasa berharap semua masyarakat menyadari mengelola sampah untuk memelihara lingkungan. “Kesuksesan itu baru bisa terjadi ketika masyarakat memiliki kesadaran memilah sampahnya dari rumah,” tegasnya. 

Birokrat asal Tampaksiring ini juga menekankan program TPS3R di Gianyar sudah bagus dengan kolaborasi Puspa Aman dan Aku Hatinya PKK. Puspa Aman untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melakukan ketahanan pangan dari rumah tangga. 7 nvi

Komentar