nusabali

RPJPD Gianyar, Atensi Kemiskinan dan Pengangguran

  • www.nusabali.com-rpjpd-gianyar-atensi-kemiskinan-dan-pengangguran

GIANYAR, NusaBali - Pemkab Gianyar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggelar musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, Kamis (28/3) pagi.

Musrenbang membahas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gianyar Tahun 2025. Pengangguran dan kemiskinan menjadi atensi peserta musrenbang. 

Pj Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa, mengatakan Pemkab Gianyar berkewajiban mencarikan solusi untuk mengentaskan kemiskinan dan menekan jumlah pengangguran. Musrenbang juga membahas masalah kesehatan, kesenjangan pendapatan antar wilayah dan golongan, alih fungsi lahan, dan buta aksara pada tingkat usia lanjut. 

Musrenbang yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gianyar ini dihadiri Sekda Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiartha dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Gianyar.

Sejumlah permasalahan tersebut jika tidak ditanggulangi akan berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia (IPM). Musrenbang juga membahas kemacetan pada kawasan pariwisata, bencana, kebersihan lingkungan, dan optimalisasi pelayanan birokrasi serta masalah-masalah lainnya perlu dituntaskan melalui pembangunan berkelanjutan. 

Dewa Tagel Wirasa mengungkapkan, tujuan pembangunan daerah Kabupaten Gianyar meliputi meningkatkan kompetensi dan daya saing SDM, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan penguatan kehidupan adat, budaya, dan kerukunan hidup masyarakat. 

Meningkatkan perekonomian daerah yang berkelanjutan, mewujudkan stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat Gianyar, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. 

Kepala Bappeda Gianyar Anak Agung Dalem Jagadhita menyampaikan, dokumen perencanaan merupakan dokumen yang digunakan untuk menentukan arah, tujuan, dan masa depan yang hendak dicapai secara komprehensif. Dokumen perencanaan menjadi perangkat penting bagi organisasi untuk menjelaskan yang hendak dicapai dan bagaimana dalam mencapainya. 7 nvi

Komentar