nusabali

Disperindag Undi Lapak Pedagang Pasar Singamandawa

  • www.nusabali.com-disperindag-undi-lapak-pedagang-pasar-singamandawa

BANGLI, NusaBali - Pasar Singamandawa di Kecamatan Kintamani, Bangli, telah rampung dibangun sehingga sudah dapat dimanfaatkan. Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli melakukan pengundian terhadap pedagang yang akan menempati lapak di Pasar Singamandawa.

Kepala Disperindag Bangli I Wayan Gunawan mengatakan untuk penempatan pedagang sudah diatur sesuai dengan komoditi/produk yang dijual. Dengan itu, pedagang menjadi tertata dan bagi pembeli juga dimudahkan.

Kata dia, sebelum dioperasikan, Disperindag melakukan pengundian pedagang pada Kamis (4/1). Adapun pengelompokan pedagang yakni pedagang bumbu, pedagang sembako, pedagang daging/sayuran dan sejenisnya, pedagang aksesoris, pedagang palen/perabotan, pedagang kuliner, pedagang sarana upacara. Terbanyak adalah pedagang sarana upacara yakni 125 pedagang.

"Berdasarkan pendataan, ada 677 orang pedagang di Pasar Singamandawa. Sedangkan untuk tempat yang tersedia sebanyak 770 buah. Tempat memadai untuk menampung para pedagang ini," jelasnya.

Pejabat asal Kecamatan Tembuku, Bangli ini, dari jumlah 677 pedagang ada yang belum mengambil undian. Pengundian dilanjutkan, Jumat (5/1). Disinggung terkait pedagang baru, Wayan Gunawan mengatakan jika pedagang baru bisa masuk ketika masih ada tempat kosong. Ataupun nantinya ada pedagang lama yang mundur. Tempat saat ini diprioritaskan bagi pedagang lama.

"Setelah pengundian, para pedagang mulai menempati lapak/Los pada 10 Januari. Kami juga akan melaksanakan upacara Mlaspas, Ngrsi Gna dan peresmian pada 15 Januari mendatang," sebutnya.

Ditambahkan, untuk pemanfaatan lapak/kios pedagang dikenakan retribusi. Besaran retribusi diatur dalam Perdagangan Nomor : 5 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.7esa

Komentar